Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jalur Kereta Pendukung Bandara Kertajati Segera Direaktivasi

Kementerian Perhubungan mengaktifkan kembali dua jalur kereta di Jawa Barat untuk guna mendukung aksesibilitas Bandar Udara Kertajati di Majalengka.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 19 Januari 2019  |  02:37 WIB
Jalur Kereta Pendukung Bandara Kertajati Segera Direaktivasi
Ilustrasi: Pekerja berjalan melewati rel kereta. - JIBI/Dedi Gunawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan mengaktifkan kembali dua jalur kereta di Jawa Barat untuk guna mendukung aksesibilitas Bandar Udara Kertajati di Majalengka.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dua jalur kereta yang akan direaktivasi yaitu Bandung - Garut dan Cianjur - Bandung yang akan dikerjakan pada tahun ini.

Ke depannya diteruskan hingga ke Bandara Kertajati untuk mendukung aksesibilitas bandara tersebut dan hal tersebut disampaikan Menhub saat melakukan peninjauan reaktivasi jalur KA bersama Presiden RI di Stasiun Cibatu, Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1/2019).

“Nanti jalur-jalur tersebut akan diteruskan ke Bandara Kertajati, ini jalur-jalur yang nanti menjadi jangkar karena seperti kita ketahui kereta api sebagai suatu angkutan yang paling digemari masyarakat, murah, tidak ada polusi dan tepat waktu. Tahun ini kedua jalur reaktivasi tersebut ditargetkan akan selesai,” ucapnya seperti Bisnis kutip dari keterangan resmi kementerian tersebut.

Lebih lanjut Menhub menjelaskan kedua jalur tersebut dibangun dengan skema pendanaan yang berbeda. Jalur KA Bandung-Garut dibiayai oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI), sedangkan jalur Cianjur-Bandung dibiayai Kemenhub.

“Reaktivasi dimulai tahun ini, Jadi, mulai tahun ini PT KAI sudah melakukan yang dari Bandung ke Garut, sedangkan dari Kemenhub melakukan dari Cianjur menuju ke Bandung,” paparnya.

Menhub menjelaskan reaktivasi jalur KA ini akan memberikan banyak manfaat di antaranya masyarakat akan mempunyai alternatif lain dalam bertransportasi, meningkatkan potensi sektor pariwisata yang ada, meningkatkan konektivitas dan integrasi antarmoda, serta aset yang dapat dimaksimalkan kembali.

“Masyarakat jadi punya alternatif dalam bertransportasi tidak hanya angkutan darat saja, kemudian kita bisa mengaktifkan lagi aset yang kita miliki dan difungsikan dengan maksimal serta ada suatu yang potensial dari pariwisata yang dapat ditonjolkan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai bandara kertajati
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top