Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Siapkan Langkah Atasi Ketimpangan Struktur Penerimaan Pajak

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah tengah memikirkan langkah untuk merespons ketimpangan dalam struktur penerimaan pajak nonmigas.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 14 Januari 2019  |  21:22 WIB
Memacu penerimaan pajak. - Bisnis/Radityo Eko
Memacu penerimaan pajak. - Bisnis/Radityo Eko

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah tengah memikirkan langkah untuk merespons ketimpangan dalam struktur penerimaan pajak nonmigas.

Direktur Peraturan Perpajakan II Ditjen Pajak Yunirwansyah menjelaskan, saat ini otoritas pajak tengah membahas berbagai opsi untuk mengatasi persoalan tersebut.

"Ya lagi kita bahas [persoalan itu]," kata Yunirwansyah kepada Bisnis.com, dikutip Senin (14/1/2019).

Kendati demikian, Yunirwansyah enggan menjelaskan detil yang akan ditempuh pemerintah.

Seperti diketahui, Data Direktorat Jenderal Pajak menunjukkan, pertumbuhan setoran PPh orang pribadi pada 2018 justru melambat dibandingkan dengan 2017. Per akhir Desember 2018, setoran PPh OP senilai Rp9,41 triliun atau tumbuh melambat pada angka 20,53%. Padahal tahun lalu pertumbuhan jenis pajak tersebut mampu menembus angka 47%.

Dilihat secara kontribusinya ke penerimaan pajak, kinerja penerimaan PPh OP yang sebesar Rp9,41 triliun hanya menyumbang 0,7% dari total penerimaan Ditjen Pajak per 31 Desember 2018. Angka ini tentu masih sangat rendah. Bandingkan dengan penerimaan dari golongan karyawan, dengan realisasi sebesar Rp134,9 triliun, bisa dibilang kontribusi karyawan ke penerimaan pajak 2018 mencapai 10,7%.

Padahal, kalau melihat berbagai kajian, sebenarnya ada banyak oramg kaya di Indonesia. Credit Suisse yang menerbitkan laporan Global Wealth Report 2018 menunjukkan bahwa sebanyak 742 orang Indonesia masuk dalam kategori high net worth individuals (HNWI) dengan kekayaan lebih dari US$50 juta. Jika angka diperinci, 424 orang memiliki kekayaan sebesar US$50 juta–US$100 juta, 274 orang memiliki kekayaan sebanyak US$100 juta–US$500 juta, dan 44 orang memiliki kekayaan lebih dari US$500 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerimaan pajak
Editor : Achmad Aris
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top