Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Arus Balik Liburan, Jalan Tol Cikampek Menuju Jakarta Macet Parah

Arus lalu lintas di jalan tol Jakarta - Cikampek yang mengarah ke Ibu Kota pada Selasa (1/1/2018) menjelang tengah malam mengalami kemacetan parah sejak memasuki KM 75.
Chamdan Purwoko
Chamdan Purwoko - Bisnis.com 01 Januari 2019  |  23:51 WIB
Arus Balik Liburan, Jalan Tol Cikampek Menuju Jakarta Macet Parah
Kendaraan berjalan merayap di jalan tol Cikampek mengarah Jakarta di KM 64 pada Selasa (1/1/2019) tengah malam. - Bisnis/Chamdan PUrwoko
Bagikan

Bisnis.com, CIKAMPEK – Arus lalu lintas di jalan tol Jakarta – Cikampek yang mengarah ke Ibu Kota pada Selasa (1/1/2019) menjelang tengah malam mengalami kemacetan parah sejak memasuki KM 75.

Pantauan Bisnis secara langsung, sebagai dampak dari arus balik liburan Tahun Baru 2019, arus lalu lintas bergerak merayap dengan kecepatan maksimal 5 kilometer per jam, bahkan sering berhenti tak bergerak sama sekali selama beberapa menit.

Kendaraan yang terjebak dalan kemacetan panjang tersebut sebagian berpelat nomor polisi "B" sehingga dapat disimpulkan bahwa pada umumnya mereka dalam perjalanan bailk menuju Jakarta dan sekitarnya setelah menjalani liburan panjang Natal atau Tahun Baru 2019 di luar kota.

Kemacetan semakin diperparah oleh adanya antrean panjang mengular kendaraan yang antre memasuki rest area KM62 hingga membeludak ke jalan tol.

PT Jasa Marga (Persero), pengelola jalan tol Jakarta – Cikampek, sebenarnya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menghadapi arus balik libur Tahun Baru 2019.

Sebagaimana siaran pers yang diterima Bisnis pada Selasa, beberapa strategi di antaranya pptimalisasi gardu operasi di gerbang tol; penggunaan gardu reversible (dapat dibalik) untuk mengurangi antrean di gerbang tol; pemanfaatan mobile reader; dan melayani pembelian dan top up uang elektronik di beberapa gerbang tol dan rest area.

BUMN tersebut juga menambah personil untuk perbantuan tapping uang elektronik; bekerja sama dengan Kepolisian untuk melakukan contra flow dan distribusi beban lalu lintas jika diperlukan, serta menertibkan pembatasan operasi angkutan barang sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan.

Jasa Marga juga berkomitmen untuk mempercepat penanganan gangguan; menempatkan petugas di titik-titik rawan kepadatan; khusus untuk GT Cikarang Utama, jika terjadi antrean dan atas diskresi Kepolisian, lalin dialihkan ke GT Cikarang Barat untuk kemudian masuk kembali melalui Kanal GT Cikarang Utama.

Selain itu, Jasa Marga melakukan zoning rest area untuk memudahkan pengguna jalan sesuai dengan kebutuhannya dan penyiapin Rest Area Monitoring System yang menginformasikan ketersediaan parkir di rest area tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tahun baru Arus Balik
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top