Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengguna Tol Trans Jawa Meningkat pada Libur Akhir Tahun

Tersambungnya jalan tol Trans Jawa secara penuh dari Merak hingga Pasuruan (Grati) membuat masyarakat antusias melakukan perjalanan darat dalam periode libur Natal dan Tahun Baru 2019.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 23 Desember 2018  |  18:16 WIB
Kendaraan melintasi ruas jalan tol Trans Jawa, di wilayah Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018). - JIBI/Nurul Hidayat
Kendaraan melintasi ruas jalan tol Trans Jawa, di wilayah Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- Tersambungnya jalan tol Trans Jawa secara penuh dari Merak hingga Pasuruan (Grati) membuat masyarakat antusias melakukan perjalanan darat dalam periode libur Natal dan Tahun Baru 2019.
 
Berdasarkan catatan PT Jasa Marga (Persero) Tbk., pada 21-22 Desember 2018 di wilayah Jawa Tengah (Jateng), sebanyak 68.326 kendaraan melintas di Gerbang Tol (GT) Kali Kangkung Jalan Tol Batang-Semarang menuju arah Timur.
 
Sementara itu, pada periode yang sama di wilayah Jawa Timur (Jatim) sekitar 41.557 kendaraan melintas di GT Warugunung Jalan Tol Surabaya-Mojokerto arah Surabaya, naik 50,5% dari lalu lintas harian normal yang sebanyak 27.608 kendaraan.
 
Seiring peningkatan jumlah pengguna tol Trans Jawa, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan panjang melalui tol tersebut agar selalu memperhatikan kondisi diri sendiri saat berkendara.
 
Pertama, upayakan agar selalu dalam keadaan konsentrasi tinggi karena tol Trans Jawa sangat panjang. Kedua, jaga kebugaran fisik dengan istirahat minimal setiap dua jam sekali.
 
Ketiga, pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan bahan bakar mencukupi. Selain itu, pastikan pula kecukupan saldo uang elektronik.
 
"Usahakan untuk mengisi bahan bakar dan saldo sebelum memasuki jalan tol," ujar Senior Specialist Corporate Communications Jasa Marga Irra Susiyanti dalam keterangan resmi, Minggu (23/12/2018).
 
Terakhir, jangan lupa untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan batas maksimal kecepatan 100 km/jam.
 
Pengguna juga diimbau untuk mengatur waktu perjalanan dan mengantisipasi kepadatan lalu lintas dengan memonitor kondisi lalin terkini di jalan tol yang dikelola Jasa Marga dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa marga tol trans jawa
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top