Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Natal dan Tahun Baru, Lalu Lintas Tol Tangerang-Merak Diprediksi Naik 2,55%

Menghadapi Libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, ASTRA Tol Tangerang-Merak memprediksi volume lalu lintas di tol Tangerang-Merak akan naik sebesar 2,55% dari rata-rata lalu lintas harian di Tol Tangerang-Merak yaitu menjadi 140.000 kendaraan.
Antrian di gerbang Tol Tangerang-Merak/Istimewa
Antrian di gerbang Tol Tangerang-Merak/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menghadapi Libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, ASTRA Tol Tangerang-Merak memprediksi volume lalu lintas di tol Tangerang-Merak akan naik sebesar 2,55% dari rata-rata lalu lintas harian di Tol Tangerang-Merak yaitu menjadi 140.000 kendaraan. 

Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti, Krist Ade Sudiyono mengatakan ASTRA Tol Tangerang-Merak memprediksi puncak peningkatan volume kendaraan puncak libur Natal terjadi pada tanggal 21 dan 22 Desember serta 29 dan 30 Desember pada puncak libur tahun baru.

Direktur Operasional Astra Tol Tangerang-Merak Sunarto menjelaskan untuk hari puncak tersebut, diprediksi akan terjadi peningkatan sebesar 5% atau sekitar 151.000 dari tahun lalu yang mencapai 146.000.

"Kami siap memberikan layanan Nataru. Para petugas akan disiapkan sesuai layanan untuk membantu para pengguna Jalan Tol Tangerang-Merak,” jelas Krist.

Dengan kencenderungan tren lalu lintas libur yang didominasi para pengguna jalan yang akan berwisata ke sejumlah destinasi wisata di Banten, ASTRA Tol Tangerang-Merak  mempersiapkan manajemen lalu lintas yang bersifat situasional sesuai dengan situasi dan kondisi untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan. “Jika terjadi kepadatan di Gerbang Tol Cilegon Barat maka akan dialihkan ke Gerbang Tol Cilegon Timur, begitu juga apabila terjadi lonjakan kendaraan di wilayah Serang Timur akan dialihkan ke Gebang Tol Serang Barat,” tambah Krist.

Dalam layanan Nataru itu, Astra Tol Tangerang-Merak akan menyiagakan 10 Gerbang Tol Tangerang-Merak dengan mengoptimalkan operasional 89 gardu regular, 7 gardu reversible dan 5 gardu tandem yang terdiri atas 23 Gardu Tol Otomatis (GTO)  yaitu 12 GTO Entrance, 9 GTO Exit, 2 GTO Ramp.

Selain itu, sebanyak 377 petugas layanan transaksi disiagakan melayani pengguna jalan. Tersedia juga  pengisian saldo uang elektronik di setiap kantor gerbang dan pengisian tunai di Gerbang Tol Cikupa dan Serang Timur khusus pada gardu jalur paling kiri.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan, demi kelancaran, keamanan dan kenyamanan dalam berkendara selain telah merampungkan pekerjaan pelebaran lajur ke empat dari Cikupa s.d Balaraja sepanjang 7,45 Km. ASTRA Tol Tangerang-Merak juga melakukan pelapisan ulang jalan (overlay) di beberapa titik seperti KM 73+26 s.d KM 77+782 dan KM 87+539 s.d KM 83+039.  Menjelang H-10 periode libur Natal dan Tahun Baru dipastikan tidak ada pekerjaan di lajur utama, gerbang dan akses. Meski demikian ASTRA Tol Tangerang-Merak tetap menghimbau pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan waspada pada area pekerjaan.

Kemudian, mereka juga menyiapkan ratusan petugas layanan lalu litas Tol Tangerang-Merak dan armadanya di persiapkan untuk Layanan Nataru yang terdiri atas 64 Patroli, 61 personel Derek, 15 petugas medis dan 15 petugas sentra informasi dan komunikasi monitoring tol siaga selama 24 jam, serta turut didukung oleh 37 personel Patroli Jalan Raya (PJR).

Selanjutnya, armada petugas sudah dipersiapkan sebanyak 4 unit ambulance, 1 unit rescue truck, 7 Unit kendaraan Patroli, 15 armada Derek, 3 unit armada Kamtib, 2 unit skylift crane, 2 unit tangki air. Fasilitas pendukung layanan terdiri atas 21 unit VMS, 2 unit VMS mobile, 93 warning light, 145 unit kamera pantau, 1.666 PJU siap melayani di sepanjang Jalan Tol Tangerang-Merak.

Terakhir, optimalisasi pelayanan TIP di 4 lokasi yaitu KM 43 dan KM 68 arah Merak, KM 68 dan KM 45 arah Jakarta. Serta berkoordinasi dengan pihak bank dalam menyediakan layanan gerak penjualan dan pengisian ulang kartu elekronik, dan pos kesehatan di dua lokasi yakni TIP KM 68 arah Merak dan arah Jakarta. Pada posko kesehatan ini tersedia layanan pemeriksaan fisik gratis kepada pengguna jalan serta penyediaan obat-obatan, bagi pengguna jalan yang lelah dapat rehat sejenak dengan memanfaatkan kursi pijat untuk kembali memulihkan tenaga sebelum melanjutkan kembali perjalanan.

Dalam rangka melayani Layanan Nataru, mereka meluncurkan empat jawara dutaang terdiri atas 4 (empat) Duta layanan, yaitu Duta Layanan Wisata, Duta Layanan Transaksi, Duta Layanan Jalan dan Duta Layanan Pendukung. Layanan ini akan siap melayani pengguna Jalan Tol Tangerang-Merak pada periode libur akhir tahun, 15 Desember 2018 s.d. 6 Januari 2019.

Krist menjelaskan bahwa berbagai Jawara duta layanan Nataru disiapkan sebagai komitmen ASTRA Tol Tangerang-Merak dalam mempromosikan wisata Banten dan tagar Ayo ke Banten.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper