Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Presiden Jokowi: Akuntansi Harus Mampu Bangun Etika Sosial

Sistem akuntansi yang membangun etika sosial termasuk etika dalam birokrasi dan korporasi menghargai kesederhanaan, menghargai moralitas publik dan keadilan sosial, dan dipandu dengan keteladanan kita semua.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 11 Desember 2018  |  14:17 WIB
Presiden Jokowi: Akuntansi Harus Mampu Bangun Etika Sosial
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait penembakan pekerja Trans Papua, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/12/2018). - ANTARA/Wahyu Putro A
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo menyebutkan sistem akuntansi tidak hanya dituntut membangun kepatuhan, tetapi juga etika sosial.

"Sistem akuntansi yang membangun etika sosial termasuk etika dalam birokrasi dan korporasi menghargai kesederhanaan, menghargai moralitas publik dan keadilan sosial, dan dipandu dengan keteladanan kita semua," kata Presiden dalam pembukaan Kongres XIII Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) di Istana Negara, Selasa (11/12/2018).

Jokowi menekankan akuntan memiliki peran penting untuk pembangunan yang berkesinambungan karena ekonomi negara yang sehat dan efisien harus memenuhi prinsip transparansi dan akuntabilitas.

Dalam hal ini Jokowi menjelaskan akuntabilitas merupakan kata kunci dalam pengelolaan keuangan baik dalam pengelolaan keuangan negara maupun perusahaan atau korporasi.

Menurut Jokowi akuntabilitas tidak hanya menyajikan laporan keuangan yang wajar melainkan juga berfungsi bagi pemangku kepentingan untuk terhindar dari upaya penyelewenangan dan penyimpangan dan dalam pengelolaan keuangan.

"Saya berharap sistem akuntansi kita jangan membangun kepatuhan yang dilandasi dengan ketakutan akan sanksi hukum, tapi sistem akuntansi yang membangun etika sosial," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jokowi akuntan
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top