Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peternak Apresiasi Program Bagi-bagi 20 Juta Ekor Unggas

Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (HIMPULI) mengapresiasi yang akan memberikan bantuan 20 juta ekor unggas lokal kepada 400.000 Rumah Tangga Miskin (RTM) di 20 propinsi mulai awal 2019.
Pekerja memberikan pakan ternak./JIBI-Nurul Hidayat
Pekerja memberikan pakan ternak./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) mengapresiasi yang akan memberikan bantuan 20 juta ekor unggas lokal kepada 400.000 Rumah Tangga Miskin (RTM)  di 20 propinsi mulai awal 2019.

Ketua Himpuli Ade M Zulkarnain mengatakan kebijakan pemerintah yang  melanjutkan program Bekerja pada tahun 2019 adalah bukti dukungan atau komitmen dalam mengembangkan peternakan di pedesaan yang berbasis unggas lokal, baik ayam maupun itik. Dia mengungkapkan anggaran yang disiapkan oleh pemerintah diperkirakan lebih dari Rp 1,5 Triliun yang berasal dari APBN. 

Rumah tangga miskin (RTM), lanjutnya, mendapatkan bantuan ternak sekaligus juga kandang, pakan dan obat-obatan. “Kami berterima kasih serta sangat mengapresiasi dan akan memberikan dukungan sepenuhnya untuk mewujudkan sekaligus mensukseskan program tersebut,” kata Ade (27/11) via pesan elektronik.

Menurutnya, Program Bekerja bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga miskin adalah kelanjutan dari program yang sama pada tahun ini. Sejak Agustus 2018, Kementan telah membagikan hampir 10 juta ekor ayam lokal dan itik di 10 propinsi. Setiap RTM menerima 50 ekor ayam lokal yang tujuannya untuk diternakkan sehingga mereka bisa mendapat penghasilan tanbahan.

Keberhasilan program ini pun menepis keraguan sebagian kalangan peternakan dalam hal penyediaan ternaknya. Menurutnya, Himpuli telah mengkonsolidasikan peternak-peternak unggas lokal supaya bisa memenuhi kebutuhan Program Bekerja.

Program Kementan Bekerja 2019 kabarnya sudah harus dimulai pada awal 2019 yang realisasi pelaksanaannya akan dilakukan antara lain oleh Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Badan Penenelitian dan Pengembangan Pertanian serta Badan Ketahanan Pangan. “Langkah Kementan ini sudah jelas dalam upaya pemanfaatan dan pengembangan potensi sumber daya genetik ayam negeri sendiri menuju cita-cita Unggas Lokal Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri,” ujar Ade. 

Dari bantuan 50 ekor ayam diharapkan RTM bisa memperoleh pendapatan dari hasil menjual telur maupun dari penjualan ternaknya yang sudah dikembangbiakkan. Kementerian Pertanian menegaskan komitmennya untuk mendukung pengembangan peternakan unggas lokal yang berbasis sumber daya genetik negeri sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper