Booming Ekonomi Digital, Pemerintah Perlu Buat Terobosan di Logistik

Pemerintah dinilai perlu melakukan terobosan yang cepat dalam standardisasi logistik guna menangkap peluang pertumbuhan ekonomi digital di Tanah Air.
Booming Ekonomi Digital, Pemerintah Perlu Buat Terobosan di Logistik Ilham Budhiman | 22 November 2018 21:34 WIB
Booming Ekonomi Digital, Pemerintah Perlu Buat Terobosan di Logistik
Peserta mengikuti diskusi Bisnis Indonesia Economic Challenges 2018 di Jakarta, Senin (4/12). Acara tersebut mengambil tema Keseimbangan Baru Ekonomi Digital. - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah dinilai perlu melakukan terobosan yang cepat dalam standardisasi logistik guna menangkap peluang pertumbuhan ekonomi digital di Tanah Air.

Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita mengatakan saat ini masalah logistik menjadi salah satu penghambat dari laju pertumbuhan ekonomi digital terutama perdagangan elektronik (e-commerce). 

Menurutnya, penerapan standardisasi yang baik dinilai akan membuat logistik semakin efisien. Pemerintah juga perlu tegas dalam menerapkan standardisasi karena selama ini dinilai masih sangat lemah dalam aturan-aturan di bidang logistik.

"Contohnya masalah kendaraan Overdimention dan Overload (ODOL), pungli dan lain-lain. Pemerintah perlu tegas dalam menerapkan standardisasi ini," katanya, Kamis (22/11/2018).

Selain itu, lanjut Zaldy, perlu adanya pertukaran data elektronik logistik sehingga pelaku-pelaku logistik bisa melakukan kolaborasi untuk memperbesar kapasitas logistik.

Dia mengingatkan apabila tidak ada terobosan yang dilakukan pemerintah maka pemain e-commerce besar akan menentukan standar logistik. 

Hal ini bisa berimbas pada pelaku logistik yang hanya akan mengikuti lantaran volumenya berasal dari e-commerce. "Sayangnya, pemain ecommerce besar merupakan perusahaan asing." kata Zaldy.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ekonomi digital

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top