4 Jenis Mobil Bekas Terlaku Sepanjang 2018 Versi OLX

Industri mobil bekas di Indonesia diprediksi akan terus tumbuh hingga tahun 2021. Kemunculan platform jual/beli mobil online serta partisipasi perusahaan pembiayaan dalam memfasilitasi kredit untuk membeli mobil bekas, disinyalir menjadi faktor-faktor yang memicu pertumbuhan ini.
Mia Chitra Dinisari | 01 November 2018 13:31 WIB
OLX Indonesia - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -Industri mobil bekas di Indonesia diprediksi akan terus tumbuh hingga tahun 2021. Kemunculan platform jual/beli mobil online serta partisipasi perusahaan pembiayaan dalam memfasilitasi kredit untuk membeli mobil bekas, disinyalir menjadi faktor-faktor yang memicu pertumbuhan ini.

Berdasarkan data OLX, ada lebih dari 5,5 juta pembeli yang mencari mobil di OLX, setiap tahunnya. Permintaan pun tidak hanya datang dari Jabodetabek, tetapi juga kota-kota besar seperti Surabaya, Medan, Bandung, dan Makasar.

Dari sisi suplai, OLX menawarkan jenis, merek, harga mobil bekas yang sangat bervariasi. Data internal OLX memperlihatkan bahwa delapan dari sepuluh mobil yang dijual online, terdapat di platform iklan baris online ini. “Kecepatan menjual dan jangkaun yang luas, menjadi alasan pengguna untuk menjual mobilnya, di OLX,” Olaf van Schagen, General Manager OLX Indonesia, memberikan informasi.

Mobil sendiri telah mengakar kuat pada bisnis OLX, sejak awal platform ini beroperasi di Indonesia. Hampir setiap tahunnya, terdapat 6 juta iklan mobil, di OLX, yang dipasang oleh penjual individu ataupun pebisnis/dealer. Hingga tahun ini, terdapat lebih dari 9.000 dealer mobil bekas yang memanfaatkan OLX untuk memasarkan mobil dagangannya.

Mereka juga mengungkapkan bahwa mobil 7- seater masih menjadi favorit banyak pembeli. Ini dapat dilihat dari merek dan tipe mobil yang paling banyak diiklankan melalui OLX, yaitu Toyota Avanza. Dari tahun ke tehun, mobil ini selalu menempati urutan pertama mobil yang paling banyak dijual. Dari sisi pembeli pun, Toyota Avanza juga menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh calon pembeli.

Selaras dengan ungkapan para dealer di OLX, Toyota Avanza dinilai masih mendominasi pasar mobil bekas, khususnya di wilayah Bali, Jakarta, dan Surabaya. Harga yang tejangkau dan efisiensi bahan bakar menjadi daya tarik bagi Toyota Avanza dibandingkan dengan mobil setipe lainnya.

Di urutan kedua terdapat Honda Jazz. Selain menjadi mobil yang paling banyak dicari oleh penguna OLX, dari sisi suplai, mobil ini juga menempati urutan kedua. Honda Jazz banyak dipasarkan dengan harga 105 juta – 180 juta rupiah di OLX, dan banyak dijual di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Denpasar.

Menurut informasi para dealer, Honda Jazz paling banyak dicari oleh wanita, khususnya ibu muda dan mahasiswi. Ukurannya yang compact, pilihan warna yang beragam, serta efisiensi bahan bakar, menjadi daya tarik utama dari mobil ini. Selain itu, harga jual Honda jazz cukup dinilai cukup stabil oleh para dealer, meskipun telah digunakan 2 – 3 tahun.

Dari segi segmen mobil, MPV menempati urutan pertama sebagai mobil yang paling banyak dicari oleh pengguna OLX. Diurutan selanjutnya terdapat Hatchback, SUV, Sedan, dan Pickup/Truck secara berurut. Toyota Avanza pun masih menempati posisi pertama sebagai mobil MPV yang paling banyak dicari. Harga jual Toyota Avanza, di OLX, mancapai 110 juta – 150 juta rupiah.

Kebutuhan masyarakat akan segmen mobil tersebut, disambut oleh suplai mobil yang dijual para penjual individu ataupun dealer. Data OLX menyebutkan bahwa mobil berjenis MPV, Hatchback, SUV, Sedan, dan Pickup/Truck menjadi mobil yang paling banyak diiklankan melalui platform ini, dengan Jabodetabek dan Bandung sebagai area di mana mobil-mobil tersebut paling banyak dijual.

Melihat pertumbuhan yang positif pada kategori mobil, OLX pun memutuskan untuk memfokuskan bisnisnya pada kategori ini dengan menghadirkan servis dan fitur-fitur yang memudahkan pengguna melakukan jual/beli mobil melalui platform ini, seperti menambahkan detail informasi tentang mobil, serta menampilkan profil khusus para dealer (Profil Penjual Profesional).

Tag : mobil
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top