Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Palu : KM Camara Nusantara 3 Tiba di Palu, Camara Nusantara 1 Berangkat Besok

Kapal Camara Nusantara 3, kapal negara yang dioperasikan PT Pelni (Persero) untuk mengangkut bantuan kemanusiaan ke Palu, tiba di Pelabuhan Pantoloan dan langsung melakukan bongkar muatan.
Ilustrasi/ANTARA-Irwansyah Putra
Ilustrasi/ANTARA-Irwansyah Putra
Bisnis.com, JAKARTA -- Kapal Camara Nusantara 3, kapal negara yang dioperasikan PT Pelni (Persero) untuk mengangkut bantuan kemanusiaan ke Palu, tiba di Pelabuhan Pantoloan dan langsung melakukan bongkar muatan.
 
Kapal yang sandar pukul 16.30 WITA di Pantoloan itu memuat bantuan dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, BUMN, dan warga DKI Jakarta. 
 
Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Ridwan Mandaliko mengatakan perusahaan hingga kini sudah memberangkatkan 7 unit kapal pembawa bantuan ke Sulawesi Tengah. 
 
“Pelni menambah satu kapal perintis Sabuk Nusantara (Sanus) 86 dari Ternate-Soasio-Pigaraja-Pantoloan/Palu-Donggala-Bitung-Ternate untuk memberikan kesempatan bagi warga yang akan mengirmkan bantuanya ke Palu dari berbagai pelosok Nusantara," katanya dalam siaran pers, Selasa (9/10/2018).
 
Kapal Pelni pengirim bantuan kemanusiaan ke Palu dapat diakses dari 8 titik pemberangkatan, meliputi Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta; Tanjung Perak, Surabaya; Soekarno Hatta, Makassar; Pelabuhan Nusantara, Pare-pare; Semayang, Balikpapan; Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara; Bau-bau, Sulawesi Tenggara; dan Biak, Papua.  
 
Menurut Ridwan, bantuan dari masyarakat masih berdatangan ke kantor-kantor cabang Pelni di daerah. 
 
Mantan Kepala Cabang Pelni Bitung ini mengatakan Pelni akan memberangkatkan lagi KM Camara Nusantara 1, Rabu (10/10/2018pukul 10.00 WIB melalui Pelabuhan Tanjung Priok.
Kapal ternak serba guna ini akan membawa bantuan kemanusiaan dari berbagai instansi di DKI Jakarta, BUMN, dan perorangan. Hingga sore tadi, tercatat 40 truk barang bantuan dimuat ke kapal. Closing muatan akan dilakukan besok pukul 08.00 WIB. 
 
“Bagi warga DKI, Bodetabek, dan sekitarnya yang akan mengirim bantuan kemanusiaan ke Palu, silakan diantar ke  Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok,” tutur Ridwan. 
 
Barang untuk bantuan kemanusiaan tidak akan dikenai biaya, tetapi individu yang mengantarkan bantuan tetap membayar sesuai dengan ketentuan. 
 
Calon pemberi bantuan dapat menghubungi kontak Pelni di bawah ini: 
 
Cabang Tanjung Priok (Saeful 0812 8020 5737)
Cabang Surabaya (Martin 0813 3200 3971)
Cabang Makasar (Oscar 0813 4424 2587)
Cabang Pare-pare (Joni 0852 1919 4431)
Cabang Bitung (Sudarji 0852 0541 0009)
Cabang  Balikpapan (Ibrahim 0852 4045 4186)
Cabang Pantoloan (Rusli 0813 4804 5876)
Cabang Baubau (Achmad Sadikin 0812 2840 9335
 
Calon donatur juga dapat mengirim surat yang ditujukan kepada Direktur Usaha Angkutan Penumpang melalui email [email protected].  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper