Kawasan Industri GIIP Garap Pembangunan Tahap III

Kawasan Industri Griya Idola Industrial Park (GIIP) yang merupakan anak perusahaan PT Barito Pasific Tbk di Cikupa, Tangerang sudah terjual 100 % pada tahap I dan 95 % pada tahap II, masing-masing berjumlah 80 unit dan 18 unit kavling dan pergudangan.
Maria Elena | 19 September 2018 15:39 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kawasan Industri Griya Idola Industrial Park (GIIP) yang merupakan anak perusahaan PT Barito Pasific Tbk di Cikupa, Tangerang sudah terjual 100 % pada tahap I dan 95 % pada tahap II, masing-masing berjumlah 80 unit dan 18 unit kavling dan pergudangan.

Direktur PT Griya Idola Eddy Kalrli mengatakan di kawasan GIPP akan dibangun pabrik, gudang (menengah, kecil dan multiguna), retail, ruko, perkantoran, dan hotel. Selain itu juga akan dibangun pabrik eksklusif, gudang dengan kualitas tinggi, food pavilion, dan data center jika bisa dialokasikan.

“GIPP menyediakan kawasan industri yang berintegrasi. Kami mencoba membangun properti yang diharapkan bisa memberikan kepercayaan, komitmen, dan bisa diandalkan,” Kata Eddy pada Rabu (19/09/2018)

Eddy memaparkan pembangunan GIIP terbagi menjadi beberapa fase. Pada fase I, perusahaan penghasil produk sanitasi ROCA dari Spanyol sudah membangun pabrik pertama pada 7 hektare lahan dan segera beroperasi. Sementara itu, perusahaan lainnya yang ikut bergabung di antaranya dari sektor logistik, manufaktur atau perakitan dari berbagai industri termasuk otomotif, kesehatan, F&B dan consumer goods.

GIPP sudah memulai pembangunan fase III, seluas 15 hektare area industri dan komersil untuk exclusive factory buildings (EFB), data centre, perkantoran, ruko dan fasilitas ritel, F&B, perbankan, dan juga business hotel. Mitra10 juga sudah menandatangani perjanjian jangka panjang untuk membuka cabang barunya seluas 6.500 m2 yang diperkirakan akan dibuka pada Desember 2018.

Eddy menilai pengembangan kawasan industri di Cikupa, Tangerang, bagian barat luar Jakarta sangat berpotensi karena selama ini pembangunan kawasan industri terfokus di bagian Timur luar Jakarta. Sejumlah besar bisnis manufaktur, logistik, dan pergudangan mengisi kawasan industri di area seperti Karawang, Bekasi, dan Cikarang.

“Kami banyak menerima permintaan untuk lahan industry dan tingkat serapan di kawasan ini berada di angka 80%, jadi kami melihat ada potensi yang besar,” Lanjut Eddy

Dia menambahkan dengan adanya pembangunan ini, bagian barat luar Jakarta membuktikan diri mampu ikut bersaing sebagai destinasi bagi properti industri. Dari segi infrastruktur dan akses, bagian barat luar Jakarta merupakan kawasan yang baru berkembang. Lahan permukiman, sekolah, universitas, rumah sakit, area komersil dan ritel yang tersebar, menambah nilai lahan industri di kawasan ini.

Faktor pendukung lainnya adalah jarak yang tidak jauh berbeda dari Jakarta. Lokasi industri di bagian Timur Jakarta berjarak 26 km, sedangkan Cikupa berjarak 24 km dari Jakarta. Ditambah akses jarak ke bandara Soekarno-Hatta, pelabuhan, dan beberapa infrastruktur lain seperti jalan tol menuju Serang sebagai gerbang penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatra.

Tag : kawasan industri
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top