Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

J&T Express-idEA Kolaborasi Edukasi Pelaku Industri Kreatif UKM

J&T Express dan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) berkolaborasi mengadakan roadshow edukasi pengusaha UKM.
Karyawan pengiriman barang J&T memindahkan barang kiriman di Makassar, Sulawesi Selatan pekan lalu. Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) mengatakan belum terkena imbas perang dagang yang digencarkan Presiden Donald Trump terhadap China./Bisnis-Paulus  Tandi Bone
Karyawan pengiriman barang J&T memindahkan barang kiriman di Makassar, Sulawesi Selatan pekan lalu. Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) mengatakan belum terkena imbas perang dagang yang digencarkan Presiden Donald Trump terhadap China./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - J&T Express dan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) berkolaborasi mengadakan roadshow edukasi pengusaha UKM. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mendukung program pemerintah untuk memajukan UKM menjadi pilar ekonomi bangsa. Edukasi dimaksudkan agar bisa mendorong UKM berkembang melalui media sosial dan e-commerce.

Ketua Umum idEA Ignatius Untung mengatakan rangkaian acara ini merupakan bentuk komitmen idEA yang memiliki mandat untuk mensinergikan kepentingan pemerintah, pemilik bisnis, pemilik platform, pelaku pemasaran dan para pemberdayaan komunitas UKM dan IKM.

"Untuk bersama-sama merumuskan tujuan utama dari ekonomi digital khususnya e-commerce, yakni berdayanya produk UKM dan IKM lokal baik di tingkat nasional, kawasan regional maupun global," katanya dalam siaran pers, Jumat (14/9/2018).

Target edukasi adalah mendukung program pemerintah untuk mencapai target 6 juta pengusaha UKM yang sudah memasarkan produknya secara online pada akhir 2020.

Dalam kolaborasi roadshow edukasi  ini terdapat  pelatihan seperti transformasi dari offline menjadi e-ukm, praktek pemasaran online dengan media sosial platform, praktik memperluas pasar melalui gadget, berbagai solusi pembayaran, tips dan trik berjualan secara online, hingga solusi e-commerce dari segi logistik yang dibawakan J&T Express.

Selain materi edukasi kepada para peserta juga diberikan program pelatihan dan praktik langsung dari para trainer, dan ditutup dengan sesi berbagi pengalaman pelaku UKM yang telah berbisnis secara online.

“Sekarang ini masyarakat Indonesia sudah mulai beralih dari offline ke online, sebanyak 3,97 juta dari 59,2 juta pelaku UKM yang go digital, maka diperlukan sarana seperti roadshow edukasi ini untuk memberikan pembekalan bagi pelaku UKM lainnya yang belum go online," kata CEO J&T Express Robin Lo.

Robin berujar, tidak hanya memberikan solusi dari jasa pengiriman, kegiatan ini juga menggandeng partner dengan solusi lain dalam dunia E-commerce sehingga menjadi satu kesatuan solusi untuk para pelaku UKM yang ingin go digital.

Roadshow yang dihadiri lebih dari 100 peserta pelaku UKM di tiap kotanya ini diadakan selama 3 bulan. Kegiatan berlangsung di 9 kota yaitu Ambon, Sidoarjo, Kudus, Bogor, Lombok, Tasikmalaya, Tanjung Pandan, Lampung, dan Padang, dimulai pada Juli 2018 hingga akhir September 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper