Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perumnas Garap Hunian ASN di Parung Panjang

Perum Perumnas akan membangun hunian Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan kerja sama penyediaan perumahan bagi karyawan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
/Bisnis.com
/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA-- Perum Perumnas akan membangun hunian Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan kerjasama penyediaan perumahan bagi karyawan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Bambang Triwibowo  Direktur Utama Perum Perumnas mengatakan pada tahapan awal, kerjasama ini akan menitikberatkan pada proyek Perumnas di area Parung Panjang, Tangerang Selatan, yang kemudian akan dilanjutkan secara nasional.

Menurutnya, kebutuhan perumahan karyawan terbilang cukup tinggi pada segmen ini, sehingga Perumnas berupaya untuk menyelaraskan kebutuhan tersebut dengan harga rumah yang sesuai dengan kemampuan karyawan dan juga lokasi yang mudah untuk ditempuh dengan transportasi publik.

Sebab, ada keinginan awal para karyawan untuk memiliki rumah tapak dan dekat dengan stasiun bis atau kereta. Selain itu, lanjutnya, pihak BPK juga tertarik untuk membuat kluster khusus.

Bambang menjelaskan ada sekitar 212 Ha di area Perumnas Parung Panjang yang sudah dan tengah dikembangkan yang dibagi menjadi 4 sektor. dengan total hunian sekitar 10,800 unit sudah terbangun.

Saat ini, Perumnas tengah mengembangkan sektor 5, total sekitar 8,600 unit hunian akan terbangun, dengan komposisi adalah subsidi dan non subsidi.

"Kami pun sedang mengusulkan kepada pihak terkait untuk membangun stasiun kereta api baru tepat di depan sektor 5 ini, sehingga memudahkan para penghuni terutama karyawan  yang akan berjarak hanya 500 meter ke stasiun kereta api," katanya Senin (3/9/2018).

Adapun dari lahan seluas 212 ha, sekitar 5.5 ha yang akan Perumnas kembangkan khusus untuk cluster BPK dengan pengembangan lebih dari 500 unit hunian.

Tipe perumahan yang akan dikembangkan sementara waktu dibagi menjadi 2 tipe yaitu luas bangunan 36m2 dengan luas tanah 102 m2 dan luas bangunan 45m2 dengan luas tanah 152m2 dengan harga  terjangkau.

Perum perumnas juga tengah mempertimbangkan penggunaan metode pre cast pada pengembangan proyek Perumnas Parung Panjang ini, dengan pertimbangan pengerjaan proyek lebih cepat dan kualitas bangunan lebih kuat

Dalam program ini pembiayaan akan didukung oleh BNI yang selama ini telah bekerjasama dalam memfasilitasi system payroll pegawai BPK. "Selanjutnya dalam men-deliver produk yang dihasilkan kami berpacu untuk melayani semua segmen pasar, tak terkecuali kalangan Aparat Sipil Negara/Polri.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper