Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Politik, Tantangan Keterbukaan Informasi Kemenkeu Semakin Berat

Mendekati tahun politik, Kementerian Keuangan mengakui berbagai tantangan dalam mengelola informasi publik semakin besar.
Ditjen Pajak Kementerian Keuangan/Reuters-Iqro Rinaldi
Ditjen Pajak Kementerian Keuangan/Reuters-Iqro Rinaldi

Bisnis.com, JAKARTA -- Mendekati tahun politik, Kementerian Keuangan mengakui berbagai tantangan dalam mengelola informasi publik semakin besar.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengungkapkan bahwa tantangan pengelolaan informasi publik selalu besar. Informasi di Kementerian Keuangan saat ini banyak digunakan untuk kepentingan politik yang secara konteks, SMI anggap menyesatkan.

"Kementerian Keuangan mengelola informasi yang begitu banyak, kita ingin mengelola supaya transparan, kita ingin akuntable dan ingin masyarakat mendapatkan informasi yang kredibel," ungkapnya seusai memberikan Keynote Speech dalam Seminar Perayaan 10 Tahun Undang-undang Keterbukaan Publik, Senin (27/8/2018).

Kemenkeu lanjutnya, ingin menyampaikan informasi dengan konteks yang benar apalagi berbicara mengenai tren pengelolaan APBN, rasio baik utang maupun defisit. Dengan demikian, masyarakat tidak melihat hanya dari satu aspek saja. 

Dia pun mengungkapkan setidaknya terdapat 4 tantangan dalam mengelola informasi di Kemenkeu ditambah lagi dalam suasana politik seperti saat ini. 

"Tantangannya yakni, banyaknya informasi yang ingin kita sampaikan, kedua, bentuk penyampaian informasi keseluruhan secara kredibel dan kontekstual, ketiga, [bagaimana] supaya masyarakat merasa bisa memiliki akses, keempat [bagaimana agar] masyarakat tidak perlu mendapatkan dari sumber-sumber yang lain, karena ada disini," paparnya.

Dia pun berusaha memahami karena informasinya begitu banyak, masyarakat menjadi perlu melihat secara seksama.


"Kalau dari politik, itu siklus politik yang silahkan saja, yang penting masyarakat bisa mendapatkan informasi dan akses, juga berbagai kejelasan, kita bisa memberikan serta konteksnya," ungkapnya. 


Lebih lanjut dia bercerita, Kemenkeu akan terus menerus hadir dalam berbagai zaman. Artinya dari presiden ke presiden, zaman orde baru sampai sekarang, informasinya tetap ada di Kemenkeu.

Kementerian Keuangan pun sudah melakukan berbagai upaya transparansi informasi dan kebijakan publik melalui penyampaian informasi di situs daringnya secara berkala dan yang terbaru melalui penerbitkan aplikasi android PPID Kemenkeu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper