Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IATA Melaporkan Harga Avtur Dunia Telah Naik 40%

International Air Transport Association (IATA) melaporkan kenaikan harga avtur dunia pada tahun ini sudah mencapai 39,9% dibandingkan dengan tahun lalu.

Bisnis.com, JAKARTA-- International Air Transport Association (IATA) melaporkan kenaikan harga avtur dunia pada tahun ini sudah mencapai 39,9% dibandingkan dengan tahun lalu.

Berdasarkan situs resmi IATA pada Selasa (7/8/2018), harga avtur dunia telah mencapai US$89,9 per barel pada 27 Juli 2018. Harga itu naik hingga 39,9% dibandingkan dengan tahun sebelumnya (year on year/y-o-y).

Persentase kenaikan tertinggi tercatat di kawasan Timur Tengah dan Afrika, yakni sebesar 41,9%. Kendati demikian, harga avtur di sana mencapai US$87,8 per barel atau yang paling rendah di antara kawasan lain.

Adapun, untuk kawasan Asia dan Oseania, harga avtur tercatat sebesar US$88,6 per barel atau naik 41%. Sementara itu, di kawasan Eropa dan Commonwealth of Independent State (CIS) harga mencapai US$90,2 per barel dengan kenaikan 41,3%.

Di Amerika Utara, harga avtur US$90,5 per barel atau naik 38,2%. Kenaikan juga terjadi di Amerika Latin dan Amerika tengah dengan harga US$93,1 per barel dengan pertumbuhan 37,6%.

Dalam laporan tersebut, IATA menjelaskan harga rata-rata avtur pada 2018 adalah US$85,7 per barel. Nominal tersebut telah memberikan dampak terhadap belanja bahan bakar maskapai menjadi sebesar US$44 miliar, di luar biaya handling.

Kenaikan harga avtur tersebut telah membuat sebagian besar maskapai mengeluhkan kenaikan biaya operasional. Imbasnya, maskapai bisa melakukan penyesuaian harga tiket apabila momentum kenaikan harga avtur terus terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hendra Wibawa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper