Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo II Perbarui Sistem Digital Layanan Pelangan dengan 6 Fitur

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II/ IPC memperbarui strategi dan meningkatkan sistem pengelolaan interaksi pelanggan melalui sistem digital dengan enam fitur layanan.
Aktivitas bongkar muat petikemas di pelabuhanTanjung Priok, Jakarta./JIBI-Nurul Hidayat
Aktivitas bongkar muat petikemas di pelabuhanTanjung Priok, Jakarta./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II/ IPC memperbarui strategi dan meningkatkan sistem pengelolaan interaksi pelanggan melalui sistem digital dengan enam fitur layanan.

Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT.Pelindo II/IPC Saptono R. Irianto, mengatakan, perseroan telah mengaktivasi enam fitur aplikasi digital customer relationship management (CRM) di seluruh Kantor Cabang dan dua Anak Perusahaan IPC yakni PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) dan PT IPC Terminal Peti Kemas (IPC TPK).

“Keenam fitur aplikasi itu sudah diluncurkan untuk memberikan kepuasan dan proses pengelolaan interaksi dengan pelanggan ini diaktivasi (go live),” ujar Saptono,melalui siaran pers PT.Pelindo II hari ini Rabu (1/8/2018).

Keenam fitur tersebut yakni; master customer data, customer profiling, customer service, customer visit management, customer survey; dan sales.

Saptono menjelaskan, sistem pengelolaan interaksi pelanggan IPC terus ditingkatkan demi memenuhi harapan pelanggan. IPC memiliki nilai customer centric yang harus dibuktikan secara nyata dalam peningkatan pengelolaan pelanggan di wilayah IPC.

Dengan adanya aplikasi digital ini, imbuhnya, pelanggan atau calon pelanggan punya akses khusus untuk menyampaikan pertanyaan, permintaan atau keluhan melalui email, yang akan direspon secara otomatis (auto reply).

“Sesuai standar ketentuan service level agreement (SLA), saran atau keluhan tersebut kemudian akan direspon oleh IPC dalam waktu paling lambat satu jam,”paparnya.

Dia mengatakan, CRM memberikan manfaat bagi pelanggan mengingat ada tools untuk memonitor dan menganalisis semua kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Dengan fitur customer service misalnya, manajemen bisa mendapatkan gambaran tentang interaksi pelangggan di semua cabang, serta memantau penyelesaian persoalannya secara real time.

“Penerapan CRM ini juga merupakan langkah nyata atas komitmen IPC yang terus meningkatkan kapabilitas sebagai digital port,”ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper