Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ExxonMobil Bereskan Transaksi Akuisisi Federal Oil dari Mitra Pinasthika

ExxonMobil telah menyelesaikan transaksi akuisisi PT Federal Karyatama yang memegang merek Federal Oil dari PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. Rampungnya aksi korporasi ini membuat bisnis pelumas perusahaan asal Amerika Serikat itu semakin kokoh.
ExxonMobil/Reuters-Lucas Jackson
ExxonMobil/Reuters-Lucas Jackson

Bisnis.com, JAKARTA -- ExxonMobil telah menyelesaikan transaksi akuisisi PT Federal Karyatama yang memegang merek Federal Oil dari PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. Rampungnya aksi korporasi ini membuat bisnis pelumas perusahaan asal Amerika Serikat itu semakin kokoh.

Vice President ExxonMobil, Russ Green mengatakan pihaknya telah menyelesaikan pembelian Federal Karyatama (FKT) dari Mitra Pinasthika Mustika dan afiliasinya. Aksi akuisisi ini mencakup merek dagang federal oil dan pabrik pengolahan pelumas berkapasitas 700.000 barel per tahun di Cilegon, Indonesia.

"Indonesia memiliki pasar pelumas yang berkembang sangat pesat di Asia. Kemampuan Federal Oil dalam pelumas kendaraan roda dua melengkapi merek dagang pelumas roda empat perseroan," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (29/6).

Dengan rampungnya akuisisi itu, ExxonMobil berhak mendapatkan jaringan distribusi FKT yang sebesar 40 penyalur, 3.200 pusat Federal Oil, dan 10.000 pengecer di seluruh Indonesia.

ExxonMobil memproses akuisisi FKT dalam dua bulan sejak mengumumkan pada akhir April 2018. ExxonMobil mengakuisisi 100% FKT dari Mitra Pinasthika Mulia engan harga US$436 juta atau Rp6,08 triliun.

Proses rampungnya akuisisi itu pun lebih cepat dari perkiraan. Sebelumnya, ExxonMobil memperkirakan proses akuisisi baru bisa rampung pada kuartal III/2018, tetapi dipenghujung kuartal II/2018, perusahaan asal AS itu sudah merampungkan akuisisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Surya Rianto
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper