Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Anak Krakatau Erupsi, Nakhoda Diminta Waspada

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten mengimbau para Nakhoda kapal yang akan berlayar di perairan Selat Sunda untuk waspada seiring erupsi Gunung Anak Krakatau.
Gunung Anak Krakatau/Indonesia Travel
Gunung Anak Krakatau/Indonesia Travel

Bisnis.com, JAKARTA -- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten mengimbau para Nakhoda kapal yang akan berlayar di perairan Selat Sunda untuk waspada seiring erupsi Gunung Anak Krakatau.

Nakhoda diminta terus memantau perkembangan cuaca dan memastikan fungsi kapal berjalan dengan baik.

Kepala Kantor KSOP kelas I Banten, Yefri Meidison mengatakan pihaknya telah menerbitkan surat edaran nomor: UM.003/17/12/KSOP.btn-18 tanggal 25 Juni 2018 tentang Kewaspadaan Terhadap Erupsi Gunung Krakatau di Perairan Banten (Selat Sunda).

Dia menambahkan, berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, tinggi kolom abu erupsi Gunung Anak Krakatau mencapai 1 kilometer (+/- 1.000 meter) atau +/- 1.305 mdpl. Arah kolom abu itu condong ke utara dengan warna hitam berintensitas tebal. Erupsi terjadi pukul 07.14 WIB.

Dilansir dari situs Kementerian ESDM, sejak tanggal 18 Juni 2018, Gunung Anak Krakatau mengalami peningkatan aktivitas. Hingga saat ini tingkat aktivitasnya masih pada status Waspada (Level II), dengan rekomendasi masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 1 km dari kawah.

"Hingga hari ini (26/6), status gunung Anak Krakatau yang terletak di Selat Sunda, Lampung tersebut saat ini masih belum diubah," jelas Yefri dalam keterangan tertulis, Selasa (26/6/2018).

Untuk keselamatan dan keamanan pelayaran, KSOP Banten mengingatkan para nakhoda untuk tetap waspada terhadap bahaya erupsi Gunung Anak Krakatau. Nakhoda diminta memanatu perkembangan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dan sumber informasi tepercaya lainnya.

Selain itu, Nakhoda kapal diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan memastikan kondisi permesinan, kemudi dan peralatan navigasi berfungsi kapal dengan baik. "Pastikan alat keselamatan di atas kapal lengkap dan berfungsi dengan baik," pungkas Yefri.

Sebagai informasi, KSOP Kelas I Banten menyediakan layanan nomor telepon di (0254) 571009 - 571013 untuk informasi lebih lanjut terkait kondisi pelayaran selama terjadinya erupsi Gunung Anak Krakatau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper