Pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Antisipasi Lonjakan Penumpang di Masa Depan

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pemerintah harus merencanakan lebih awal dalam mengantisipasi lonjakan penumpang pesawat di masa depan dengan membangun Terminal 4 di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.
Yodie Hardiyan | 21 Juni 2018 14:51 WIB
Ilustrasi: Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten. - Antara/Ahmad Subaidi

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pemerintah harus merencanakan lebih awal dalam mengantisipasi lonjakan penumpang pesawat di masa depan dengan membangun Terminal 4 di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

Pernyataan itu disampaikan Presiden usai meninjau proyek pembangunan landasan ancang (taxiway) dan landasan pacu (runway) ketiga di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (21/6/2018). Presiden mengatakan jumlah penumpang pesawat sekarang mencapai 60 hingga 63 juta per tahun.

"Kita perkirakan 2025 lebih dari 100 juta (penumpang), kalau terminal ini tidak dipersiapkan, kita akan kedodoran," katanya.

Presiden mengatakan dirinya telah memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin untuk menyiapkan pembangunan Terminal 4.

"Kita harapkan betul-betul nanti pelayanan kepada penumpang udara bisa dilayani dengan baik," katanya.

Presiden mengatakan Terminal 4 masih dalam proses desain. Menurutnya, proses konstruksi Terminal 4 akan dimulai pada 2020. Lokasi terminal baru itu rencananya berada di lokasi yang kini menjadi Lapangan Golf Soewarna. Jokowi menyebut anggaran pembangunan Terminal 4 mencapai Rp11 triliun.

"Kita berusaha di setiap pembangunan selalu gandeng private sector, dari swasta, tapi terserah ini B2B (business to business) Angkasa Pura dengan siapa," kata Presiden.

Tag : bandara soekarno-hatta
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top