Kemenhub Apresiasi Pemudik Jalur Laut

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo mengapresiasi pemudik yang telah mendaftar dan memanfaatkan kapal laut sebagai sarana transportasi untuk kembali ke Jakarta.
Akhmad Mabrori | 18 Juni 2018 20:45 WIB
Ilustrasi - ANTARA/Ardiansyah
Bisnis.com, SEMARANG -- Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo mengapresiasi pemudik yang telah mendaftar dan memanfaatkan kapal laut sebagai sarana transportasi untuk kembali ke Jakarta.
 
"Untuk keselamatan dalam perjalanan arus balik Lebaran 2018, kami mengimbau para pengendara motor untuk memanfaatkan angkutan gratis kapal laut dari PelabuhanTanjung Emas, Semarang, ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta," ujar Dirjen Agus melalui siaran pers-nya (18/6/2018).
 
Dirjen Agus menambahkan bahwa para pengguna sepeda motor pada masa arus balik Lebaran akan mendapatkan manfaat positif jika ikut program angkutan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut.
 
"Jadi sepeda motor dan penumpangnya diangkut gratis dengan kapal laut.  Ini merupakan solusi yang lebih baik tanpa perlu merasakan lelah dalam perjalanan arus balik," jelas Dirjen Agus.
 
Adapun penggunaan sepeda motor sebagai angkutan mudik Lebaran masih menjadi pilihan pemudik dan faktor kecelakaan sepeda motor di jalan raya masih dominan hingga saat ini.
 
"Kecelakaan tersebut disebabkan beberapa faktor, di antaranya kelelahan. Oleh karena itu, kami menganjurkan pemudik yang akan kembali ke Jakarta memanfaatkan program angkutan gratis dengan kapal laut bagi pengguna sepeda motor," ujar Agus.
 
Dirjen Agus mengatakan bahwa pemudik sepeda motor, khususnya pada saat arus balik, harus mempunyai persiapan ekstra dibanding saat arus mudik ke kampung halaman.
 
"Biasanya, pada saat arus balik, semangat dan kegembiraan yang dirasakan pengendara motor saat mudik ke kampung halaman sudah berkurang, demikian juga energi dan perbekalan. Tentu ini juga berpengaruh pada tingkat konsentrasi dan faktor kelelahan sehingga beresiko saat mengendarai sepeda motor di jalan," kata Dirjen Agus.
 
Agus melanjutkan, dengan angkutan gratis kapal laut, para pemudik sepeda motor yang akan kembali ke Jakarta dapat lebih aman, selamat, tertib, dan nyaman menikmati perjalanan sambil beristirahat. Di kapal juga tersedia hadiah berupa TV, Handphone, voucer belanja dan lain sebagainya.
 
Untuk itu, Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut masih membuka program mudik gratis untuk arus balik ke Jakarta dengan kapal laut melalui Pelabuhan Tanjung Mas di Semarang.
 
Sebagai informasi, data Posko Angkutan Laut Lebaran 2018, hingga H+2 Hari Raya Idul Fitri 1439H/2018, kuota mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan telah mencapai di atas 75 persen untuk arus balik.
 
 
Tag : Mudik Lebaran 2018
Editor : Anggi Oktarinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top