H+2 Lebaran, Masih Ada Pemudik di Stasiun Senen

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Stasiun Senen, Jakarta Pusat. Dalam kunjungannya Menteri Perhubungan (Menhub) mengatakan, arus mudik lebaran 2018 di Stasiun Senen masih terjadi hingga hari minggu (17/6/2018).
Muhammad Ridwan | 17 Juni 2018 15:11 WIB
Ilustrasi-Mudik menggunakan kereta - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Stasiun Senen, Jakarta Pusat. Dalam kunjungannya Menteri Perhubungan (Menhub) mengatakan, arus mudik lebaran 2018 di Stasiun Senen masih terjadi hingga hari minggu (17/6/2018).

“Saya ke Stasiun Senen ingin memastikan bahwasanya kegiatan mudik disini berjalan lancar. Terpantau masih ada arus mudik sampai hari ini. Setiap harinya ada 25.000 penumpang kereta api dan semuanya penuh,” ujar Menhub di Stasiun Pasar Senen, Minggu (17/6/2018).

Menhub Budi Karya Sumadi bertolak menuju Stasiun Senen setelah sebelumnya mengunjungi Dermaga Kali Adem di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Dalam kunjungannya ke Stasiun Senen, Menhub melakukan pengecekan di loket pemesanan tiket kereta api.

Menhub mengatakan, akan meningkatkan kapasitas kereta api baik jarak jauh maupun jarak menengah,

“Karena Permintaaan (pengguna jasa) kereta api itu banyak, tadi saya diskusi dengan Kadaop 1 Jakarta bagaimana meningkatkan komuter sehingga kapasitasnya bisa naik,” ujar Budi Karya Sumadi.

Untuk menambahkan kapasistas pada kereta jarak menengah diperlukan kerapatan sistem sinyal. Sedangkan pada kereta jarak jauh harus dilakukan investasi atau penambahan pada sarananya sehingga dapat menampung jumlah pengguna kereta api lebih banyak.

“Minggu depan akan saya rapatkan bagaimana mengganti sistem sinyal, bagaimana proses pembangunan DDT (Double Double Track). Dua kunci ini harus dilakukan agar kapasitasnya bisa naik satu setengah kali lipat,” jelas Menhub.

Turut mendampingi dalam kunjungan Menhub diantaranya Direktur Sarana Perkeretaapian Makjen Sinaga dan Kepala Daop 1 Jakarta R. Dadan Rudiansyah.

Tag : Mudik Lebaran 2018
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top