Jelang Idulfitri, Ini Persiapan Angkasa Pura II di Bandara Halim

PT Angkasa Pura II melakukan sejumlah persiapan menjelang Idulfitri 1439 H, di seluruh 15 bandara yang dikelola, termasuk Bandara Internasional Halim Perdanakusuma.
Anitana Widya Puspa | 12 Juni 2018 00:34 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) bersama Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kedua kanan) dan Eksekutif General Manager Halim Perdanakusama Marsekal Pertama Pip Darmanto (kedua kiri) mendengarkan penjelasan petugas saat melakukan pengecekan kelaikan pesawat (rampchek) di sela-sela peninjauan kesiapan mudik jalur udara di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (11/6/2018). - Antara/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II melakukan sejumlah persiapan menjelang Idulfitri 1439 H, di seluruh 15 bandara yang dikelola, termasuk Bandara Internasional Halim Perdanakusuma.

Jumlah penumpang Bandara Internasional Halim Perdanakusuma hingga H-5 Idul Fitri 1439 H mengalami peningkatan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan 2017 sebanyak 82.510 penumpang di mana pada 2017 penumpang yang dilayani Bandara Halim Perdanakusuma hingga H-5 hanya 70.866 penumpang atau naik 16,4%.

Sama halnya dengan jumlah pergerakan pesawat dalam menyambut Idulfitri 1439 H ini meningkat yakni 682 pergerakan pesawat, sedangkan pergerakan pesawat pada hingga H-5 Idulfitri 2017 tercatat 652 pergerakan pesawat atau naik 4,6%.

Pada Senin (11/6/2018) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Presdir PT Angkasa Pura II Muhammad Awaludin dalam melakukan pemeriksaan lapangan terkait dengan kesiapan sarana dan prasarana angkutan lebaran di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma.

Menteri Perhubungan kembali mengingatkan bahwa keamanan merupakan faktor yang utama untuk diperhatikan dalam menyambut Idulfitri 1439 H.

“Level of service pun harus diperhatikan dengan seksama. Bandara Halim Perdanakusuma harus mengutamakan keamanan serta pelayanan yang maksimal bagi masyarakat,” ujarnya Senin (11/6/2018).

Awaluddin mengatakan telah menyiapkan tiga hal dalam menyambut Lebaran kali ini, pertama kecukupan dan kemampuan SDM; kedua, memastikan seluruh SOP berjalan dengan efektif mulai dari pemeriksaan hingga baggage handling dengan implementasi disiplin yang benar; serta yang ketiga berkaitan dengan ketersediaan fasilitas dan infrastruktur di sisi terminal, darat dan udara.

“Kami memastikan memberi layanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat di tengah lonjakan penumpang dalam menyambut Idul Fitri 1439 H di seluruh bandara di bawah naungan PT Angkasa Pura II, termasuk Halim Perdanakusuma,” kata Awaludin.

Adapun sejumlah persiapan telah dilakukan PT Angkasa Pura II di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma dalam menyambut Idulfitri 1439 H, antara lain, yakni berkoordinasi dengan TNI AU terkait dengan manajemen lalu lintas guna menjamin kelancaran akses menuju dan dari bandara.

Selanjutnya, menyiagakan sebanyak 48 personil TNI AU untuk turut menjaga keamanan dan ketertiban bandara; memastikan kebersihan di seluruh area Bandara Halim Perdanakusuma terutama di toilet sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat; serta menyiapkan parkir mobil dengan kapasitas 700 mobil dan motor dengan kapasitas 1.225 motor.

Tag : arus mudik
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top