Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

776 Pemudik Sepeda Motor Diberangkatkan Dengan Kapal Rute Priok-Semarang

Pemberangkatan hari ini merupakan yang kedua kalinya bagi peserta mudik gratis dengan kapal. Kemarin telah diberangkatkan kloter pertama sebanyak 1.228 orang pemudik dan 571 unit sepeda motor dengan tujun yang sama yaitu Pelabuhan Tanjung Emas Semarang
Pelepasan Mudik Gratis Sepeda Motor di Pelabuhan Priok (10/6). (Akhmad Mabrori/Bisnis)
Pelepasan Mudik Gratis Sepeda Motor di Pelabuhan Priok (10/6). (Akhmad Mabrori/Bisnis)

Bisnis.com, JAKARTA -- Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, R. Agus H. Purnomo melepas 4 kapal perintis yang mengangkut peserta mudik gratis dengan kapal dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada hari ini, Minggu (10/6/2018).

Keempat kapal itu yakni KM. Sabuk Nusantara 84, 85, 95 dan 97 serta 2 kapal ternak, KM. Camara Nusantara 1 dan 3. Sebanyak 1.685 orang pemudik diberangkat dengan 4 kapal perintis dan 776 motor diangkut dengan 2 kapal ternak dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Semarang.

"Pemberangkatan hari ini merupakan yang kedua kalinya bagi peserta mudik gratis dengan kapal. Kemarin telah diberangkatkan kloter pertama sebanyak 1.228 orang pemudik dan 571 unit sepeda motor dengan tujun yang sama yaitu Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” kata Dirjen Agus, di pelabuhan Priok.

Seperti diketahui pada tahun 2018 ini, guna melayani angkutan mudik gratis sepeda motor dengan kapal, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyiapkan 16 unit kapal perintis.

Adapun 16 unit kapal terdiri dari sepuluh unit kapal perintis, lima unit kapal ternak dan 1 unit kapal Roro. Adapun khusus untuk pemberangkatan hari kedua ini, sebanyak 4 unit kapal perintis dan 2 unit kapal ternak telah diberangkatkan menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Menurut Agus Purnomo, program Mudik Gratis Sepeda Motor Dengan Kapal Laut yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan akan melayani trayek Tanjung Priok – Tanjung Emas Semarang PP dengan total kuota kapasitas sebesar 15.200 sepeda motor dan 30.400 penumpang.

Adapun jadwal keberangkatan arus mudik dari Jakarta ke Semarang adalah pada tanggal 9 sampai dengan tanggal 13 Juni 2018 dan arus balik dari Semarang ke Jakarta dilaksanakan pada tanggal 18 sampai dengan tanggal 22 Juni 2018.

“Alhamdulillah animo masyarakat untuk mengikuti mudik gratis dengan kapal laut tahun ini naik signifikan, bahkan untuk kuota tanggal tertentu sudah terisi penuh. Hal ini menunjukan semakin membaiknya pemahaman masyarakat yang ingin mudik dengan aman, selamat, tertib dan nyaman dengan menggunakan kapal laut dibanding melakukan perjalanan mudik menggunakan sepeda motor di jalan raya,” ujar Dirjen Hubla.

Untuk itu, imbuhnya, pada kesempatan ini Ditjen Hubla mengimbau kepada para pemudik untuk mempersiapkan diri dengan baik serta menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan prima, tidak membawa barang berlebihan, mematuhi semua aturan dan petunjuk keselamatan pelayaran, serta menjaga dan tidak merusak fasilitas di atas kapal.

Dirjen juga sangat mengapresiasi masyarakat yang telah mengikuti imbauan Pemerintah untuk memanfaatkan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2018.

"Semoga para peserta mudik dapat menikmati perjalanan ke kampung halaman dengan selamat, tertib, aman dan nyaman," kata Dirjen Agus.(K1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper