Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIbur Lebaran, Bandara Ngurah Rai Siapkan 740 Extra Flight

Otoritas Bandara I Gusti Ngurah Rai akan menyiapkan 740 layanan penerbangan tambahan (extra flight) selama libur Lebaran.
Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali./Antara-Wira Suryantala
Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali./Antara-Wira Suryantala

Bisnis.com, DENPASAR – Otoritas Bandara I Gusti Ngurah Rai akan menyiapkan 740 layanan penerbangan tambahan (extra flight) selama libur Lebaran dengan perincian masing-masing 370 menuju dan dari Denpasar.

Kepala Seksi Keamanan Penerbangan dan Pelayanan Darurat Otoritas Bandara Wilayah IV Bandara I Gusti Ngurah Rai Ade Yuliana Suryana mengatakan extra flight tersebut bisa tidak digunakan sepenuhnya, tergantung permintaan penumpang.

Dia memprediksi hanya 200 extra flight masing-masing dari dan menuju Denpasar yang akan terealisasi, mengacu pada kenyataan tahun lalu yang hanya terealisasi setengahnya.

“Dalam penerbangan masih perlu diprediksi berapa kenaikan penumpang, sehingga apabila diperlukan, akan digunakan extra flight itu. Ini sudah diajukan ke Jakarta untuk izinnya,” ujarnya pada Selasa (5/6/2018).

Menurut dia, pengajuan extra flight tahun ini lebih tinggi dari tahun lalu lantaran prediksi kenaikan jumlah penumpang yang mencapai 10%.

Ade mengemukakan permintaan yang cukup tinggi biasanya penerbangan dari Jakarta dan Yogyakarta. Penumpang wilayah ini umumnya masih memilih Bali untuk merayakan Lebaran.

Adapun realisasi pada libur Lebaran 2017, ada peningkatan penumpang domestik sebanyak 5% dari tahun sebelumnya menjadi 907.404 orang. Jumlah penerbangan domestik pada libur Lebaran 2017 naik 3% dari tahun sebelumnya menjadi 6.242 flight. 

Sementara, untuk penumpang internasional pada libur lebaran 2017 mengalami peningkatan 13% dari tahun sebelumnya menjadi 913.992 orang. Penerbangan internasiomal meningkat 13% pada libur Lebaran 2017 dari tahun sebelumnya menjadi 4.681 flight.

“Yang menjadi concern adalah masalah slot, sekarang sudah 30 pergerakan per jam, artinya lagi diupayakan untuk menambah rapid exit taxitway,” kata Ade.

Dia mengutarakan delay penerbangan menjadi salah satu fokus pada penerbangan selama libur Lebaran tahun ini. Adapun pada libur Lebaran tahun lalu, on time performance mampu mencapai di atas 90%. Lebaran tahun ini pun, on time performance tetap diupayakan meningkat.

“Ini penting sekali karena setiap Lebaran selalu penuh penumpang, berangkat penuh pulang penuh,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper