Jokowi Lepas Ekspor Kontainer Rute Langsung Jakarta-Los Angeles

Empat menteri Kabinet Kerja mendampingi Presiden Joko Widodo saat pelepasan ekspor kontainer rute langsung Jakarta-Los Angeles dan peninjauan infrastruktur pelabuhan di dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok Selasa (15/5/2018).
Akhmad Mabrori | 15 Mei 2018 17:48 WIB
Kapal CMA CGM Tage bersandar di dermaga JICT. Kapal ini menjadi salah satu kapal yang melayani pelayaran langsung Jakarta-Los Angeles. - Bisnis/Rivki Maulana

Bisnis.com, JAKARTA – Empat menteri Kabinet Kerja mendampingi Presiden Joko Widodo saat pelepasan ekspor kontainer rute langsung Jakarta-Los Angeles dan peninjauan infrastruktur pelabuhan di dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok Selasa (15/5/2018).

Keempat menteri yang mendampingi Presiden Jokowi itu adalah Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri Perindustrian Erlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Pelepasan ekspor itu dilakukan menggunakan kapal kontener ukuran raksasa berkapasitas 10.000 twenty foot equivalent units (TEUs). Kapal itu adalah CMA CGM Tage yang melayani rute langsung (direct call) rute Tanjung Priok Jakarta-Los Angeles, Amerika Serikat.

Direktur Utama Pelindo II, Elvyn G. Masassya mengatakan kehadiran kapal-kapal besar ke Tanjung Priok itu menunjukkan perseroan siap mengelola pelabuhan bongkar muat terbesar di Indonesia itu.

"Didukung dengan IT sistem dan peralatan modern yang ada, kami bekerja seefektif dan seefisien mungkin mendukung peningkatan ekspor,” ujar Elvyn melalui siaran pers-nya, saat pelepasan ekspor itu.

Elvyn juga mengatakan, bahwa RI sudah berada dijalur yang tepat untuk menjadi poros maritim dunia.

Wakil Dirut JICT Riza Erivan mengatakan untuk pengapalan ekspor kali ini memuat sebanyak 4000-an

Pengoperasian JICT saat ini dikelola melalui kepemilikan saham oleh PT.Pelabuhan Indonesia II/IPC dan Hutchison Port Indonesia (HPI).

Tag : jict
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top