Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akses Pelabuhan Merak Mas untuk Ekspor-Impor segera Dibuka

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bergerak cepat untuk meningkatkan arus barang dengan mencanangkan pembukaan Pelabuhan Merak Mas sebagai pintu ekspor-impor untuk wilayah Banten.
Kawasan merak
Kawasan merak

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bergerak cepat untuk meningkatkan arus barang dengan mencanangkan pembukaan Pelabuhan Merak Mas sebagai pintu ekspor-impor untuk wilayah Banten.

Menko Bidang Kemaritiman, Luhut B. Panjaitan mengatakan Pelabuhan Merak Mas akan menambah pintu ekspor di Jawa bagian Barat sehingga tidak bertumpu pada Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta.

Dia menerangkan, Pelabuhan Merak Mas diharapkan menjadi gerbang perdagangan internasional untuk wilayah Banten.

Sementara itu, Pelabuhan Patimban di Subang akan menjadi gerbang arus barang kawasan industri di Karawang, Purwakarta, dan Cikampek.

Luhut menyebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa Kementerian/Lembaga agar menjadikan Pelabuhan Merak Mas sebagai pelabuhan internasional.

"Ini untuk mengurangi inefisiensi apabila terpusat di Pelabuhan Tanjung Priok saja. Jadi di Banten, Priok dan Patimban nantinya agar bisa bersaing,” ujar Luhut saat meninjau Pelabuhan Merak Mas di Cilegon, Jumat (11/8/2018).

Untuk diketahui, Pelabuhan Merak Mas yang dikelola PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk berstatus terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS) yang tidak bisa menampung kargo umum tanpa rekomendasi pelabuhan umum di sekitarnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Agus H. Purnomo mengatakan pengelola Pelabuhan Merak Mas memang mengajukan perubahan status menjadi pelabuhan umum.

Namun, niat itu terganjal karena lahan pelabuhan merupakan lahan yang statusnya pengelolaannya dipegang PT Pelindo II (Persero).

"Kami sebagai regulator tidak bisa memberikan izin selama tidak ada tanah yang diserahkan ke negara," ujarnya selepas meninjau uji petik kapal KMP Port Link III di Merak, Jumat (11/5/2018). .

Dia menambahkan, pihaknya menyerahkan urusan pengelolaan Pelabuhan Merak Mas kepada Indah Kiat dan Pelindo II.

Agus menilai, Pelabuhan Merak Mas bisa melengkapi kebutuhan pemilik kargo karena bisa melayani bongkar muat peti kemas.

Sementara itu, Pelabuhan Ciwandan yang dikelola Pelindo II dan Pelabuhan Cigading yang dikelola Krakatau Bandar Samudera merupakan pelabuhan curah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper