Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mesin Pengering Gratis Untuk Petani

Pemerintah berencana memberika mesin pengering gratis kepada petani untuk mendukung percepatan serap gabah dalam rangka pemenuhan cadangan beras pemerintah.
105 Kelompok tani di Bali dapat bantuan mesin pertanian./JIBI
105 Kelompok tani di Bali dapat bantuan mesin pertanian./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah berencana memberikan mesin pengering gratis kepada petani untuk mendukung percepatan serap gabah dalam rangka pemenuhan cadangan beras pemerintah.

Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi selaku Ketua I pelaksana sergab (serapan gabah) mengatakan, dengan adanya kesepakatan antara Kementan, Bulog dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) diharapkan dapat mengoptimalkan pemanfaatan bantuan mesin pengering (dryer) bekerjasama dengan Perum Bulog untuk mendukung percepatan serap gabah dalam rangka pemenuhan cadangan beras pemerintah.

Target penyerapan ini akan terus diupayakan mengingat potensi panen masih cukup besar, terutama di 10 provinsi sentra, yaitu Sumatera Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan dengan pemberian mesin pengering gratis dapat memotong satu rantai pasokan yang berimbas pada penurunan harga. Selain itu juga kualitas gabah kering dari tingkat petani juga akan semakin membaik.

“Atas perintah presiden minta dryer ini, kami revisi anggaran Rp1 triliun untuk membeli 1000 unit dryer yang artinya bisa memenuhi kapasitas 10.000 ton -15.000 ton per hari sehingga tidak ada keluhan kadar air tinggi,” katanya.

Amran mengatakan pembagian mesin pengering gratis bagi petani akan bersinergi dengan bulog. Hal ini pun dilakukan untuk mempersingkat mata rantai dari 5 kali menjadi 2 atau 3 mata rantai maksimal sehingga bulog bisa membeli dengan harga murah.

“Jadi kelompok tani diberikan [mesin pengering] kemudian mengolahnya. Biasanya dari petani sampai ke bulog 5 kali pindah. Nantinya 2 atau 3 kali pindah maksimal. Artinya [kua;itas] gabah ditingkat petani diangkat, bulog terima harga karena dibawah HPP, artinya bisa bulog jual lebih rendah,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Pandu Gumilar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper