Jababeka Residence Gelar Eco Week di Car Free Day

Pengembang Jababeka Residence menggelar program Jababeka Car Free Day yang diinisiasi bersama Pemda Bekasi yang diadakan rutin setiap minggu sebagai upaya kampanye pola hidup sehat kepada masyarakat.
M. Rochmad Purboyo | 06 Mei 2018 18:19 WIB
: Direktur PT Jababeka Tbk., Hyanto Wihadhi (paling kiri) didampingi Direktur PT Jababeka Creed Residence, Handoyo Lim (kedua kiri) dan Plt. Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan RI, Khairul Anwar (ketiga kiri) secara simbolis melakukan pelepasan balon ke udara sebagai tanda dimulainya kegiatan Fun Bike di Kota Jababeka.

Bisnis.com, JAKARTA—Pengembang Jababeka Residence menggelar program Jababeka Car Free Day yang diinisiasi bersama Pemda Bekasi yang diadakan rutin setiap minggu sebagai upaya kampanye pola hidup sehat kepada masyarakat.

Presiden Direktur Jababeka Residence, Sutedja S. Darmono, mengatakan selain pembangunan fisik, hunian itu juga membuat program sosial yang melibatkan warganya guna meningkatkan kualitas hidup penghuninya.

“Car Free Day membawa banyak hal positif bagi kawasan Jababeka yang kini populasinya mencapai 1,2 juta jiwa. Masyarakat datang dari segala tingkat usia dengan berjalan kaki, bersepeda, jogging, senam, bermain futsal dan lainnya,” katanya dalam rilisnya Minggu (6/5/2018).

Kegiatan Car Free Day di kawasan Jababeka Residence, katanya, sudah dimulai sejak tahun 2015 dengan lokasi di Jl. H. Usmar Ismail sampai Jl. Ki Hajar Dewantara. Jababeka Car Free Day merupakan kegiatan Car Free Day pertama di Timur Jakarta yang diadakan atas kolaborasi antara developer dan pemerintah daerah.

Pada awal 2018, Jababeka Car Free Day mulai diadakan rutin setiap minggu sebagai upaya kampanye pola hidup sehat kepada masyarakat. Pihak pemerintah maupun swasta turut berpartisipasi dengan adanya layanan seperti pembuatan e-KTP, pendaftaran BPJS Kesehatan, Samsat dan beberapa booth sponsor dari tenant kawasan industri Jababeka.

Dalam beberapa tahun terakhir, katanya, fasilitas-fasilitas di kawasan Jababeka seperti Jababeka Golf & Country Club, President University, Jababeka Convention Center dan Hollywood Junction telah melahirkan beragam komunitas lokal dan internasional, seperti Jababeka Runners, Klub Fotografi Jababeka, Urban Cikarang, hingga Cikarang Japan Club.

Pada hari Minggu (6/5/2018) ini kegiatan Jababeka Car Free Day bersamaan dengan puncak acara Jababeka Eco Week 2018, yaitu Fun Bike dengan titik kumpul di pelataran pusat kuliner Hollywood Junction. Lebih dari 3.000 orang turut berpartisipasi dalam kegiatan Fun Bike.

Jababeka Eco Week merupakan kegiatan tahunan Jababeka sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian lingkungan. Tahun ini, Jababeka Eco Week 2018 diawali dengan Lomba Kampung Hijau pada 16-20 April 2018 yang diikuti 13 desa di sekitar kawasan Jababeka. Tema yang diangkat dalam perlombaan ini adalah “Connecting People To Nature” dan “Ending Trash Pollution”.

Memasuki awal Mei 2018, kegiatan Jababeka Eco Week 2018 meliputi Kompetisi Melukis Tong Sampah dan Penyuluhan Pembuatan Kompos. Para peserta yang sebagian besar kaum muda diarahkan untuk menyadari pentingnya budaya menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal dan manfaat bahan sisa sampah organik bagi penghijauan.

“Kami menyambut positif acara seperti Car Free Day di Jababeka, karena dapat mensosialisasikan aktivitas ramah lingkungan di masyarakat seperti bersepeda. Harapannya, aktivitas bersepeda dapat dikembangkan lebih jauh menjadi program bike to work misalnya,” ujar Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kharliansyah di sela-sela acara tersebut.

Plt. Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan RI, Khairul Anwar, dalam sambutannya yang mewakili Menteri Tenaga Kerja RI, Hanif Dakhiri mengharapkan acara seperti Jababeka Car Free Day dapat menjalar ke kawasan-kawasan strategis lainnya.

Tag : car free day
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top