Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UKM Didorong Tingkatkan Iklim Kompetitif

Sejumlah UKM yang sebelumnya difasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM akhirnya memenangkan kompetisi Inacraft 2018 dalam berbagai kategori.
Produk kerajinan dari limbah kelapa./Antara-Iggoy el Fitra
Produk kerajinan dari limbah kelapa./Antara-Iggoy el Fitra

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah UKM yang sebelumnya difasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM akhirnya memenangkan kompetisi Inacraft 2018 dalam berbagai kategori.

UKM binaan Kementerian ini menyajikan berbagai inovasi desain dengan konsep eco friendly and sustainable.

UKM yang memenangkan kompetisi di Inacraft 2018 diantaranya Mohoi (Juara 1 Emerging Talent), Ruaya (Juara 1 Best Product Kategori Kayu), Studio Hiji (Juara 2 Best Product Kategori Kayu), Janédan (Juara 1 Best Product Kategori Kulit), dan Alur Bambu (Juara 3 Best Product Kategori Serat Alam).

I Wayan Dipta, Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM berharap bahwa para UKM Indonesia yang inovatif tersebut dapat meningkatkan iklim kompetitif yang makin mendorong lahirnya inovasi produk baru khususnya di bidang kerajinan.

“Produk-produk yang telah difasilitasi tersebut sangat mampu berkompetisi di pasar global yang sudah masuk ke pasar internasional,” kata Wayan, Senin (30/4/2018).

Kemenkop dan UKM pada 2018 ini berpartisipasi kembali di Inacraft ke-20 dengan memberikan fasilitas kepada 14 UKM unggulan yang berasal dari Provinsi Jawa Barat, Jakarta, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Bali, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah.

“Produk bisa dikategorikan sebagai unggulan apabila memiliki desain yang menarik, inovatif, memiliki ciri khas, dan memajukan kearifan lokal potensi budaya di Indonesia, serta berorientasi pasar internasional,” kata Wayan.

Asisten Deputi Pemasaran, Herustiati juga berharap bahwa para UKM Indonesia dapat terus meningkatkan kreativitas dan inovasinya dalam pengembangan produk sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing khususnya di pasar internasional.

Inacraft ke-20 dibuka pada 25 April 2018 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Mufidah Jusuf Kalla, serta didampingi Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Inacraft 2018 mengangkat tema The Loftiness of North Sumatra yang mengangkat budaya Sumatra Utara sebagai ikon pameran tersebut. Inacraft adalah pameran kerajinan terbesar di wilayah Asia Tenggara yang berlangsung setiap tahun.

Adapun hasil transaksi yang diperoleh dari 14 UKM yang telah difasilitasi Kemenkop UKM pada Inacraft 2018, yakni mendapatkan penjualan ritel sampel produk sebesar Rp497,8 juta dan transaksi order potensial sebesar Rp2,58 miliar dari pembeli (buyer) domestik, maupun buyer internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper