Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Ramadan dan Lebaran, Pasokan Ayam Dipastikan Aman

Pemerintah menjamin selama bulan puasa dan momentum lebaran pasokan ayam ras dipastikan aman.
Anak ayam usia sehari (day old chick)./Ilustrasi-Bisnis
Anak ayam usia sehari (day old chick)./Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menjamin selama bulan puasa dan momentum lebaran pasokan ayam ras dipastikan aman.

Berdasarkan perhitungan Tim Komisi Supply-Demand bahwa potensi ketersediaan anak ayam usia sehari (day old chick/DOC) ayam ras pada Mei atau puasa sebanyak 289.546.735 ekor setara dengan daging 314,633 ton sedangkan perkiraan kebutuhan pada bulan tersebut sebanyak 268.938 ton sehingga surplus sebanyak 45.694 ton.

Sementara potensi ketersediaan DOC Ayam ras pada bulan Juni atau Idul Fitri sebanyak 286.619.385 ekor setara dengan daging 311.452 ton, sedangkan perkiraan kebutuhan pada bulan tersebut sebanyak 266.220 ton, sehingga surplus 45.232 ton.

Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Sugiono mengatakan ketersediaan daging ayam ras menjelang bulan Mei dan Juni 2018 aman.

"Dari perhitungan tersebut, ketersediaan DOC FS sangat mencukupi, dan harga DOC secara umum masih relatif stabil meskipun terdapat beberapa keluhan di sebagian wilayah tentang tingginya harga DOC yang sedikit lebih mahal. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah sudah mengambil langkah dengan [memberikan] teguran secara [langsung] dari Pemerintah ke perusahaan yang menjual DOC dengan harga mahal," tambahnya.

Menurut Sugiono, harga ayam hidup atau "livebird" saat ini relatif sudah cukup baik dan menguntungkan bagi para peternak.

Menurutnya, dibandingkan dengan tahun sebelumnya antara tahun 2016-2017 harga saat ini lebih stabil. Sebab biasanya pada bulan Januari - April terjadi ketidakseimbangan antara supplai dan demand yang mengakibatkan turunnya harga ayam ras di tingkat peternak. Namun, sejak diberlakukannya Permentan No.32 tahun 2017 saat ini mulai pada tahun 2018 Januari - April harga "livebird" di tingkat peternak relatif lebih stabil.

"Saya yakin dengan kondisi DOC yang mencukupi, maka ketersediaan daging ayam menjelang puasa dan lebaran tahun ini cukup tersedia dan aman," ucap Sugiono. "Dengan kondisi seperti ini kita prediksikan kenaikan harga ayam hidup pun masih dalam batas yang wajar di tingkat konsumen," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper