Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Qantas dan Jetstar Pindah ke Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

Operasional dua maskapai asing dengan rute Internasional, yakni Qantas Airways dan Jetstar Asia Airways akan pindah ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai 11 Mei 2018.
Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten./Antara-Ahmad Subaidi
Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten./Antara-Ahmad Subaidi

Bisnis.com, JAKARTA--Operasional dua maskapai asing dengan rute Internasional, yakni Qantas Airways dan Jetstar Asia Airways akan pindah ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai 11 Mei 2018.

Operation and Service Executive Manager Bandara Soekarno-Hatta Djody Prasetyo mengatakan secara bertahap sejumlah maskapai dengan rute Internasional akan berpindah operasional dari Terminal 2 ke Terminal 3.

“Pada 11 Mei, dua maskapai secara bersamaan memindahkan operasionalnya, yakni Qantas Airways dan Jetstar Asia Airways dari Terminal 2 ke Terminal 3. Hal ini semakin mengukuhkan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai bandara berkelas dunia,” kata Djody dalam siaran pers, Minggu (22/4/2018).

PT Angkasa Pura II (Persero), pengelola Bandara Soekarno-Hatta, berkomitmen mendukung pertumbuhan pariwisata di Indonesia. Dukungan nyata tersebut terlihat dengan meningkatkan fasilitas bandara, menambah moda transportasi terintegrasi seperti Kereta Layang dan Kereta Bandara.

Bandara Soekarno-Hatta saat ini tumbuh menjadi bandara berkelas dunia yang peringkat kesibukannya telah menyalip Bandara Changi dan Incheon.

AP II sedang melakukan pengembangan pergerakan pesawat dengan melakukan pembangunan jalur penghubung runway Utara-Selatan di bagian Timur (east-cross taxiway) dan runway ketiga.

Nantinya, pergerakan pesawat yang saat ini mencapai 81 pergerakan per jam, bisa meningkat menjadi 114 pergerakan per jam.

"Pergerakan pesawat tersebut dinilai bisa lancar tanpa harus mengantre lebih lama, sehingga take off-landing bisa lebih cepat dan tidak antre lagi," ujarnya.

Berdasar penelusuran Bisnis.com, sejumlah maskapai penerbangan telah memindahkan layanan mereka ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Di antaranya maskapai yang tergabung dalam aliansi global Skyteam seperti Saudi Arabian Airlines, Vietnam Airlines, Korea Airlines, dan Xiamen Airlines.

Maskapai Garuda Indonesia lebih awal menggunakan Terminal 3, semula untuk melayani penerbangan domestic. Seiring rampungnya pembangunan, Garuda pun melayani penerbangan internasional melalui terminal ini.

Belakangan pada 9 April, Malaysia Airlines menambah jumlah maskapai yang beroperasi dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper