Plt. Gubernur: Sawit Jadi Motor Ekonomi Jambi

Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar menyebut peran sektor perkebunan sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Jambi.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 17 April 2018  |  09:31 WIB
Plt. Gubernur: Sawit Jadi Motor Ekonomi Jambi
Ilustrasi - Perkebunan kelapa sawit - Istimewa

Bisnis.com, JAMBI - Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Jambi Fachrori Umar menyebut peran sektor perkebunan sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Jambi. Komoditas kelapa sawit menjadi salah satu andalan sektor perkebunan Provinsi Jambi.

“Perkebunan jadi penggerak utama ekonomi. Kontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto [PDRB] mencapai 29,41% dan sawit memainkan peran penting dan strategis,” ujarnya di Jambi, Senin (17/4/2018) malam.

Fachrori menuturkan Pemprov Jambi senantiasa mendorong pengelolaan sawit secara bekelanjutan dengan mempertimbangkan aspek lingkungan. Hal itu bertujuan meredam sentimen negatif khususnya isu lingkungan, masalah lahan dan hubungan yang tidak harmonis dengan masyarakat sekitar.

“Kami mendorong kesadaran masyarakat untuk tidak membakar dan [perlunya] menerapkan standar ISPO [Indonesia Sustainable Palm Oil],” tambahnya.

Sebelumnya, Jambi merupakan 10 besar provinsi penghasil minyak nabati berbasis kelapa sawit. Pada 2015, provinsi Jambi menempati peringkat ke-6 sebagai salah satu produsen minyak sawit dengan 1,85 juta ton dari luas lahan 668.810 hektare.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cpo, jambi, kelapa sawit, ekonomi daerah

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top