Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fasilitas Darat Bandara Kertajati Telan Investasi Rp2,6 Triliun

Proyek sisi darat atau pembangunan gedung terminal Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati telah menelan dana hingga Rp2,6 triliun.

Bisnis.com, MAJALENGKA — Proyek sisi darat atau pembangunan gedung terminal Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati telah menelan dana hingga Rp2,6 triliun.

Direktur Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat Virda D. Ekaputra mengatakan dana tersebut sudah termasuk pembangunan terminal utama dan fasilitas pendukung.

"Total dana yang dibutuhkan Rp2,6 triliun, sebanyak Rp2,2 triliun untuk modal kerja dan kelengkapan fasilitas," kata Virda, Selasa (17/4/2018).

Baca juga: Bandara Kertajati: Landasan Siap 100%, Terminal Penumpang Baru 96%

Dia menjelaskan sebagian besar dana investasi tersebut atau 70% diperoleh dari equity dan 30% sisanya melalui pinjaman. Adapun, sindikasi perbankan syariah menjadi penopang dana yang berasal dari pinjaman.

Sementara itu, 70% equity diperoleh dari Pemerintah Provinsi Jabar, Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT), dan PT Angkasa Pura II (Persero).

Pendirian BIJB pada awalnya merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan menyiapkan lahan dan kemudian dilanjutkan dengan pembangunan konstruksi runway oleh Ditjen Perhubungan Udara untuk membangun sisi udara.

Adapun, fasilitas sisi udara yang telah dibangun mencakup runway sepanjang 2.500 dan lebar 60 meter, apron, dan jalan penghubung landasan (taxiway) dengan menggunakan dana APBN.

Baca juga: Bandara Kertajati Layani Penerbangan Relasi Medan, Surabaya, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Samarinda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper