Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kenaikan Pertalite Tidak Berdampak Signifikan pada Inflasi

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk jenis Pertalite pada akhir Maret 2018 diperkirakan tidak akan berdampak signifikan pada laju inflasi.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 08 April 2018  |  19:55 WIB
Pertalite.  - Antara
Pertalite. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk jenis Pertalite pada akhir Maret 2018 diperkirakan tidak akan berdampak signifikan pada laju inflasi.

Pengamat energi dari ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro mengatakan kenaikan harga Pertalite tidak berpengaruh besar terhadap inflasi sebab mayoritas konsumen Pertalite adalah masyarakat kelas menengah atas.

"Secara teoritis pengaruhnya nggak terlalu besar. Inflasi itu lebih pada biaya logistik dan transportasi," kata Komaidi ketika dihubungi, Jumat (6/4/2018).

Berbeda bila harga Solar bersubsidi yang naik. Jika harga Solar bersubsidi mengalami kenaikan, maka dampaknya kepada inflasi akan lebih besar. Pasalnya, angkutan distribusi barang dan jasa mayoritas menggunakan Solar bersubsidi sebagai bahan bakar. Kenaikan harga Solar akan dibebankan pada harga jual barang dan jasa.

Harga Pertalite per 24 Maret 2018 mengalami kenaikan sekitar Rp150 per liter sampai Rp200 per liter di seluruh Indonesia. Harga Pertalite pun menjadi berada di kisaran Rp7.800 per liter sampai Rp8.150 per liter di seluruh kawasan Indonesia.

"Kenaikan Pertalite memiliki dampak pada inflasi tapi relatif masih terkendali," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertalite
Editor : Sepudin Zuhri
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top