Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Paskah, Lalu Lintas Tol Tangerang-Merak Diprediksi Naik 1,8%

ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak (ASTRA Toll Tamer) mengantisipasi lonjakan kendaraan yang akan melintasi Jalan Tol Tangerang-Merak selama libur panjang Paskah yang jatuh pada hari Jumat 30 Maret 2018.
Lalin tol Tangerang-Merak/Istimewa
Lalin tol Tangerang-Merak/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak (ASTRA Toll Tamer) mengantisipasi lonjakan kendaraan yang akan melintasi Jalan Tol Tangerang-Merak selama libur panjang Paskah yang jatuh pada hari Jumat 30 Maret 2018.

Selama periode tersebut, diprediksi akan mengalami kenaikan lalu lintas kendaraan di Ruas Tol Tangerang-Merak sebesar 1,8% bila dibandingkan dengan lalu lintas pada periode libur Paskah 2017 tahun lalu yaitu dari 115.000 kendaraan menjadi 128.000 kendaraan.

Seperti libur panjang sebelumnya, pariwisata Anyer masih menjadi pilihan utama sebagian penggun jalan. Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan yang menuju anyer, ASTRA Tol Tamer meningkatan pelayanan transaksi dengan penambahan gardu dan penambahan petugas jaga. Selain itu ASTRA Tol Tamer juga menyiapkan manajemen lalu lintas yang bersifat situasional.

“Untuk mengantisipasi kendaraan yang menuju Anyer, ASTRA Tol Tamer siaga untuk mengoptimalkan Gerbang Tol Keluar Cilegon Timur sebagai prioritas guna antisipasi terjadinya penumpukan kendaraan di depan gerbang tol,” jelas Rakhmatullah Manajer Departemen Lalu Lintas dan Informasi Operasional (PLL & IO) PT Marga Mandalasakti dalam siaran persnya.

Antisipasi itu sejalan dengan surat edaran yang dikeluarkan pemerintah yakni Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Pengaturan Lalu Lintas Pada Masa Libur Panjang (Wafat Isa Al-Masih / Paskah) Tahun 2018.

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan adanya pembatasan operasional mobil barang di Ruas Jalan Tol Merak dengan waktu pemberlakuan untuk arah keluar Jakarta mulai tanggal 29 Maret 2018 Pukul 12.00 WIB sampai dengan tanggal 30 Maret pukul 09.00 WIB, sedangkan untuk arah masuk Jakarta mulai tanggal 1 April 2018 pukul 12.00 WIB sampai dengan tanggal 2 April 2018 pukul 09.00 WIB.

Untuk mengoptimalkan pelayanan kepada pengguna jalan, peningkatan pelayanan dalam bidang sarana infrastruktur pun dilakukan. Saat ini ASTRA Tol Tamer sedang melakukan penambahan lajur ke-empat yang dimulai dari Cikupa KM 31+900 hingga Balaraja KM 39+200, dari sebelumnya 3 lajur menjadi 4 lajur. Pemeliharaan rutin jalan pun dilakukan 20 titik yang tersebar mulai dari KM 76+000 sampai dengan KM 73+800 arah Merak dan Jakarta. Namun demikian dapat dipastikan kondisi jalur dan marka jalan di Ruas Tol Tangerang-Merak dalam kondisi baik. Meskipun terdapat pekerjaan, hal ini tidak mempengaruhi operasional jalan sehingga tetap bisa dilalui dengan lancar, aman dan nyaman.

Peningkatan layanan transaksi pun dilakukan dengan melakukan optimalisasi pengoperasian gardu dan penambahan petugas jaga. Di Gerbang Tol Cikupa, terdapat penambahan petugas yang berjaga untuk memastikan kelancaran transaksi bagi pengguna jalan. Sehingga bila pengguna jalan memerlukan bantuan pada saat melakukan transaksi petugas akan siap sedia membantu.

Demi kenyamanan pengguna jalan dalam bertansaksi di Jalan Tol Tangerang-Merak, pastikan selalu saldo uang elektronik mencukupi dan pengguna jalan diharapkan menggunakan kartu uang elektronik yang sama saat tapping di gardu masuk dan keluar di Tol Tangerang-Merak.

ASTRA Tol Tamer juga menyediakan layanan pengisian ulang/top up uang elektronik di setiap kantor gerbang dan di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) sepanjang Jalan Tol Tangerang-Merak yaitu di KM 43, KM 68 arah Merak dan KM 68, KM 45 arah Jakarta.

Sejumlah upaya pun dilakukan ASTRA Tol Tamer untuk mengurangi angka kecelakaan dengan memastikan pelengkapan rambu-rambu jalan, pemasangan spanduk himbauan aman berkendara di beberapa titik sepanjang tol, pemanfaatan media elektronik Variable Message Sign (VMS) baik di jalur maupun mobile dan optimalisasi observasi petugas layanan lalu lintas pada waktu rawan, serta relokasi lampu peringatan.

Selain itu, fasilitas layanan Tol Tangerang-Merak lainnya tetap dioptimalkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jalan pada saat libur panjang ini, yang terdiri atas:

1. Penambahan 4 Gardu Tol Otomatis single class di Entrance Cikupa yang semula 17 unit kini menjadi 21 unit GTO siap melayani pengguna jalan Tol Tangerang-Merak.
2. Kenyamanan dalam berkendara juga diwujudkan dengan penambahan pemasangan 2 Weigh in Motion (WIM) yang semula terpasang di Gerbang Tol Cilegon Barat kini telah terpasang di Gerbang Tol Serang Barat dan Cilegon Timur, sehingga total WIM menjadi 3 unit.
Sebanyak 14 (empat belas) unit kendaraan Derek Gratis hingga gerbang tol terdekat, 5 unit kendaraan Patroli jalan tol, 6 unit kendaraan patroli Polisi Jalan Raya (PJR), 4 unit kendaraan Ambulance dan 3 unit kendaraan Rescue termasuk 1 unit dengan kemampuan mengangkat beban hingga 35 Ton, 1 unit kendaraan Sky lift, 2 unit kendaraan crane serta 2 unit kendaraan Water Tank;
18 (delapan belas) unit Variable Message Sign (VMS) yang terpasang pada jalur utama di sepanjang Tol Tangerang-Merak. Selain itu bekerjasama dengan Otoritas Pelabuhan Penyebrangan (OPP) Merak memasang 2 unit VMS di KM 37+000 dan KM 66+000 arah Merak khusus untuk memberikan informasi tentang situasi lalu lintas di sekitar Pelabuhan Merak. Mobile VMS juga terpasang pada 2 unit kendaraan layanan lalu lintas ASTRA Tol Tamer yang dapat menampilkan informasi seputar kondisi lalu lintas Tol Tangerang-Merak khususnya pada saat keadaan darurat.
45 (empat puluh lima) unit kamera pemantau jalur (CCTV) terpasang di beberapa lokasi di sepanjang jalan tol Tangerang-Merak untuk lebih meningkatkan kecepatan dan ketepatan petugas jalan tol dalam memberikan layanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper