Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Ini Sogo Fokus Benahi Gerai

Sogo Indonesia Department Store menunda rencana ekspansi gerai tahun ini dan fokus pada pembenahan gerai ritel yang ada.
Logo Sogo
Logo Sogo

Bisnis.com, JAKARTA – Sogo Indonesia Department Store menunda rencana ekspansi gerai tahun ini dan fokus pada pembenahan gerai ritel yang ada.

Presiden Direktur Sogo Indonesia Department Store Handaka Santosa mengatakan tahun ini pihaknya lebih fokus pada pembenahan gerai yang saat ini berjumlah 18 toko di 8 kota besar.

“[Ekspansi mungkin ] 2019, tidak boleh ngomong dulu. Pada 2018, kami fokus ke gerai Sogo yang ada, mengubah agar lebih accepted. Jadi, ada renovasi, perubahan layout, tahun ini lebih mendandani yang ada,” jelasnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Pada 2017, Sogo membuka dua toko yakni di Pakuwon Mall Surabaya dan Supermal Karawaci. 

Handaka menjelaskan kebutuhan pelanggan yang ada menjadi pertimbangan dalam penyesuaian format. Tujuannya, agar pelanggan yang datang lebih merasa nyaman dan mendapatkan pengalaman serta pelayanan yang lebih banyak.

“Bisa beli cat kuku, apakah di online bisa minta tolong di cat kukunya? Tidak bisa, bisanya di toko. Jadi banyak hal yang kami lakukan, memperbanyak layanan, perbanyak experience, supaya orang nyaman berbelanja di Sogo,” lanjutnya.

Pembenahan tersebut juga dilakukan dengan melengkapi gerai untuk berbelanja dengan gerai lain yang dapat menarik keramaian seperti food & beverage (F&B). Gerai F&B yang ada di gerai department store itu di antaranya Starbucks, Genki Sushi, dan Chatter Box.

Sogo juga menyediakan Foodhall bagi konsumen yang ingin berbelanja bahan makanan. 

"Kami terus berjalan karena konsumsi domestik yang tumbuh akan mendorong ekonomi. Karyawan, ritel juga sangat sensitif, per 20 meter persegi harus standby karyawan. Luas toko 15.000 meter persegi, berapa banyak karyawan, itu jadi pemikiran kami. Belum bayar toko di mal, banyak sekali kewajiban kami," papar Handaka. 

Perseroan optimistis dapat mencatatkan pertumbuhan kinerja sebesar 12% pada tahun ini, lebih baik dibandingkan realisasi 2017 yang hanya naik 6%. Hal ini didukung oleh pertumbuhan Sogo sebesar 10% pada periode Januari-Februari 2018. 

Sogo adalah salah satu department store yang berada di bawah PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI). Perusahaan tersebut juga mengelola Seibu dan Galeries Lafayette.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper