Boeing 737 Max 9 Mendarat di Bangkok, Ini Keunggulannya

Pesawat Boeing 737 MAX 9 telah mendarat mulus di Bandar Udara Internasional Don Mueang, Bangkok, Thailand (DMK), Sabtu (24/3/2018), setelah mengudara dari Boeing Company di Seattle, Amerika Serikat.
Puput Ady Sukarno | 24 Maret 2018 22:12 WIB
Beoing 737 Max 9 - AirlineReporter

Bisnis.com, JAKARTA -- Pesawat Boeing 737 MAX 9 telah mendarat mulus di Bandar Udara Internasional Don Mueang, Bangkok, Thailand (DMK), Sabtu (24/3/2018), setelah mengudara dari Boeing Company di Seattle, Amerika Serikat.

Pesawat beregistrasi HS-LSH itu yang akan dipakai Thai Lion, anggota Lion Air Group tersebut merupakan armada Boeing 737 MAX 9 pertama di dunia.

Boeing 737 MAX 9 adalah pesawat berdesain kabin lorong tunggal (single aisle) yang mengedepankan kenyamanan penumpang selama perjalanan. Armada ini berkapasitas 215 kursi dengan jarak antar tempat duduk luas (extra legroom).

Selain itu juga dilengkapi dengan Boeing Sky Interior, ruang penyimpanan barang bawaan (kompartemen) lebih besar dan fitur lainnya.

Capt. Darsito Hendro Seputro, CEO and Chairman Thai Lion Air mengatakan Thai Lion Air sangat bangga dan berterima kasih telah menorehkan sejarah penerbangan kancah internasional, karena menjadi yang pertama menerima serta mengoperasikan Boeing 737 MAX 9 di dunia.

"Pesawat ini sangat tepat untuk mendukung bisnis kami yang sedang tumbuh di Thailand. MAX 9 akan menjadi salah satu kekuatan armada Thai Lion Air dalam meningkatkan kapasitas angkutan sekaligus membuka beberapa rute baru," ujarnya, melalui keterangan resminya, Sabtu (24/3/2018).

Thai Lion Air telah merencanakan untuk memperkuat jaringan penerbangan dengan ekspansi lebih banyak membidik rute perjalanan jarak jauh (long haul).

Strategi bisnis ini diharapkan mampu menarik dan mendatangkan wisatawan serta pebisnis, sehingga jumlahnya semakin meningkat.

Thai Lion Air, salah satu dari Low Cost Carrier (LCC) di Lion Group yang didirikan pada 2013 ini memiliki 12 jaringan domestik, dua penerbangan lintas negara (regional) dan lebih dari 20 destinasi internasional.

Thai Lion Air mengoperasikan all new aircrafts, terdiri Boeing 737-900ER dapat membawa 215 penumpang, Boeing 737-800 dengan 189 kursi, Airbus A330-300 berkapasitas 392 kursi. Saat ini, Thai Lion Air memiliki total 32 pesawat baru.

Pada kesempatan yang sama, Kevin McAllister, President and CEO Boeing Commercial Airplanes mengungkapkan bahwa Lion Air Group adalah salah satu airlines yang mengandalkan jenis pesawat lorong tunggal dengan mengoperasikan Boeing 737 MAX family.

"Lion Air Group akan memperoleh keuntungan lebih dari pengoperasian pesawat dari keluarga MAX, seperti efisiensi maupun keandalan terbaik di industri penerbangan," ujarnya.

Boeing 737 MAX 9 ini dirancang yang menawarkan keunggulan kepada maskapai yakni antara lain diklaim bisa lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dan mengurangi emisi CO2 paling sedikit 14% dibandingkan dengan tipe 737 Next-Generation yang beroperasi saat ini.

Adapun dari sisi teknologi terdepan, Boeing 737 MAX 9 dilengkapi dua lekukan pada masing-masing ujung sayap (winglets), menggabungkan mesin CFM International LEAP-1B terbaru untuk mengurangi tingkat kebisingan serta didukung perangkat lainnya.

Sementara itu, Lion Air Group merupakan pelanggan pertama Boeing dalam peluncuran perdana Boeing MAX 9.

Grup perusahaan yang berbasis di beberapa negara kawasan Asia Tenggara ini juga menjadi operator pertama yang menambahkan Boeing 737 MAX 8 ke dalam layanan operasionalnya.

Lion Air Group juga telah mengumumkan komitmennya untuk mendatangkan 50 Boeing 737 MAX 10. Group maskapai ini memiliki pesanan tambahan 1.273 pesawat seri MAX. Jumlah ini menjadikan Lion Air Group sebagai salah satu operator terbesar di dunia.

Keluarga 737 MAX adalah pesawat yang membukukan penjualan tercepat dalam sejarah Boeing.

Tag : boeing
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top