Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemilik Merek Perlu Strategi yang Berdampak Sosial

Perubahan lanskap bisnis dan konsumen harus disikapi pemilik brand dengan membuat strategi yang memiliki dampak perubahan sosial.
Ikustrasi/dgip.go.id
Ikustrasi/dgip.go.id

Bisnis.com, JAKARTA -- Perubahan lanskap bisnis dan konsumen harus disikapi pemilik brand dengan membuat strategi yang memiliki dampak perubahan sosial.

Quantum, konsultan insights dan strategy yang juga beroperasi di Indonesia, menyarankan agar bisnis memiliki tujuan yang mendalam dengan fokus pada manusia bukan hanya sebagai konsumen tetapi juga ikut berperan dalam perubahan.

Anjan Sinha, Senior Vice President Quantum di Indonesia, mengatakan bisnis harus mengerti dan mulai memastikan jika mengambil sesuatu dari lingkungan maka harus memberikan solusinya.

"Jadi melakukan bisnis dengan bertanggung jawab," ujarnya, dalam Seminar bertajuk Business Case for Purpose, Jumat (16/3/2018).

Adapun brand purpose adalah teori yang memusatkan perhatian pada gagasan yang lebih besar daripada keuntungan untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan jangka panjang.

Hal ini mendorong para perusahaan untuk berpikir di luar jangkauan mereka saat ini untuk menilai gagasan sebagai pertumbuhan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Dia mencontohkan berbagai merek global yang telah menerapkan strategi ini dalam menjalankan bisnisnya seperti Unilever, Patagonia, dan lainnya. Melalui strategi yang memperjelas tujuan brand dalam membuat perubahan ini juga dinilai berhasil meningkatkan dari segi profit.

"Brand unilever yang masuk pada kategori berkelanjutan tumbuh 50% lebih cepat dibandingkan brand lainnya," katanya.

Sementara itu, Shinta Octaviani, Director Quantum di Indonesia, mengatakan perusahaan dan bisnis dapat memfokuskan strateginya pada manusia yang pada dasarnya adalah pelanggan.

Quantum, katanya, juga melakukan riset kualitatif dalam membantu brand untuk memahami strategi yang efektif dalam menjalankan brand purpose tersebut.

"Quantum solutions awalnya marketing research sekarang human center, experties fokus kepada manusia," katanya.

Adapun Quantum menghadirkan layanan strategi desain merek, strategi desain produk, strategi desain jasa, strategi desain bisnis, dan planet untuk mengartikulasikan tujuan merek dan secara bermakna untuk menghubungkannya dengan ambisi-ambisi bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper