Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kini Ada Rusun Khusus Lansia di Cibubur

Kabar gembira bagi para orang tua. Kini Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan membangun satu twin block (TB) rumah susun khusus untuk orang tua lanjut usia di Cibubur, Jakarta Timur.
ilustrasi rumah susun di Jakarta/ANTARA-Galih Pradipta
ilustrasi rumah susun di Jakarta/ANTARA-Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA– Kabar gembira bagi para orang tua. Kini Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan membangun satu twin block (TB) rumah susun khusus untuk orang tua lanjut usia di Cibubur, Jakarta Timur.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid mengatakan proses pembangunan rusun yang selesai dibangun pada 2016 dengan total anggaran Rp15 miliar tersebut memiliki spesifikasi teknis untuk para penyandang kebutuhan khusus termasuk untuk para Lansia.

“Ini Rusun yang khusus Lansia yang pertama dibangun oleh Kementerian PUPR. Untuk Rusun yang kami bangun di Cibubur ini memang untuk yang berkebutuhan khusus, termasuk untuk para Lansia,”ujarnya menurut keterangan resmi Rabu (21/2).

Pembangunan Rusun tersebut, imbuh Khalawi, menggunakan anggaran APBN sebesar Rp15 miliar. Jumlah unit Rusun yang disediakan sebanyak 90 unit dengan tipe 24 meter persegi.

Rusun ini dibangun oleh satuan Kerja Penyediaan Rumah Susun Strategis DirektoratRusun setinggi tiga lantai dan memiliki ramp dan hand rail bagi mereka yang memang memiliki kebutuhan khusus.Adanya lift serta fasilitas penunjang seperti prasarana,sarana dan utilitas serta meubelair diharapkan membuat para Lansia yang tinggal bisa betah dan nyaman.

Rusun ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti listrik, air, lemari pakaian, tempat tidur ukuran king, sofa, meja tamu, serta kursi dan meja makan. “Jadi para Lansia yang datang bisa langsung tinggal di Rusun yang kini dikelola oleh Yayasan Ria Pembangunan.”

Sementara itu, Direktur Sasana Tresna Werdha Karya Bhakti Cibubur, DR Tumbu R Ramelan menyatakan, pihaknya sangat mengucapkan terimakasih atas perhatian pemerintah khususnya Kementerian PUPR yang telah menyediakan Rusun bagi para Lansia ini. Dirinya berharap, Rusun ini bisa menjadi percontohan dalam hal pengelolaan Rusun untuk para Lansia di Indonesia.

“Banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh para Lansia dalam mengisi kegiatan sehari-harinya di Rusun ini. Mulaui dari olahraga pagi, berkreasi dengan membuat karya seni, bermain musik serta day care bagi para Lansia yang berada di sekitar Rusun juga ada,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper