Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenpar Dukung Penyelenggaraan Festival Keraton

Kementerian Pariwisata mendukung penyelenggaraan acara Festival Keraton Masyarakat Adat Asean ke-5 yang puncaknya akan diadakan di Sumenep, Pulau Madura pada 27-31 Oktober mendatang.
Bandara Trunojoyo di Pulau Madura/Antara
Bandara Trunojoyo di Pulau Madura/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Pariwisata mendukung penyelenggaraan acara Festival Keraton Masyarakat Adat Asean ke-5 yang puncaknya akan diadakan di Sumenep, Pulau Madura pada 27-31 Oktober mendatang.

Bupati Sumenep A. Busyro Karim menjelaskan bahwa penyelenggaraan FKMA-V tahun 2018 akan berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana unsur pariwisata akan lebih menonjol dalam mempromosikan Pesona Indonesia. Hal ini sejalan dengan target pemerintah untuk mencapai 17 juta wisatawan mancanegara dan 270 wisatawan nusantara pada tahun ini.

"FKMA ini diharapkan dapat meningkatkan peran dan fungsi keraton sebagai pelestari warisan budaya bangsa serta menghadirkan kembaki peran dan fungsi keraton terhadap masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah, " ujarnya, Selasa (20/02).

Dia menjelaskan, penyelenggaraan FKMA V akan didahului oleh roadshow di lima keraton di Solo, Medan, Mempawah, Ternate dan Denpasar.

Menurutnya, Sumenep selaku tuan rumah akan menjamu para tamu dengan menyajikan kesenian, benda keraton, situs, kuliner dan obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Dalam peluncuran acara tersebut, Sultan Sepuh Cirebon PRA Arief Natadiningrat melakukan peluncuran perdana aplikasi My Keraton sebagai salah satu strategi meningkatkan citra serta fungsi keraton pada masyarakat.

"Aplikasi ini diharapkan dapat turut mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat adat, " jelasnya.

Aplikasi yang dapat diunduh di google play tersebut berisi informasi dan edukasi mengenai kebudayan keraton, mencakup sejarah, busana hingga pusaka keraton. Selain itu, masyarakat juga dapat mengakses berita sekaligus acara terbaru yang berkaitan dengan keraton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper