ESDM Salurkan Bantuan 529 LTSHE kepada Warga Tambrauw

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memberikan bantuan 529 unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) kepada warga Kabupaten Tambrauw, Papua Barat.
Denis Riantiza Meilanova | 14 Februari 2018 19:59 WIB
Menteri ESDM Ignasius Jonan saat mengikuti Roundtable Bloomberg, di kantor Bloomberg, London, Inggris, Senin (29/1/2018). - Kementerian ESDM/Andik Kristiawan

Bisnis.com,  JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memberikan bantuan 529 unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) kepada warga Kabupaten Tambrauw, Papua Barat.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan satu paket box lampu LTSHE diperuntukkan untuk satu rumah di mana satu paket dapat menghasilkan listrik untuk empat lampu dengan daya 25 watts sekaligus dapat dimanfaatkan untuk colokan handphone.

"Ini dibantu pemerintah melalui APBN kepada setiap rumah yang belum ada layanan kelistrikan," kata Jonan seperti dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Rabu (14/2/2018).

Program LTSHE dapat terlaksana tidak terlepas dari peran serta pemerintah daerah. Peran dari pemerintah daerah salah satunya adalah pengusulan lokasi pemasangan LTSHE, dimana salah satu lokasi yang diusulkan adalah Kabupaten Tambrauw.

Kabupaten Tambrauw mendapatkan alokasi untuk 529 unit LTSHE untuk 529 rumah/fasilitas umum yang berada di lima kecamatan/distrik di 12 desa, yakni Kecamatan Syujak sebanyak 9 unit, Kecamatan Miyah 17 unit, Kecamatan Kwoor 37 unit, Kecamatan Yembun 118 unit, dan Kecamatan Kebar 348 unit.

Adapun sebaran pembagian untuk masing-masing desa, yang berjumlah 12 desa, antara lain:

a. Desa Banso : 9 unit

b. Desa Miri : 11 unit

c. Desa Tabamsere : 6 unit

d. Desa Batde : 37 unit

e. Desa Baun : 35 unit

f. Desa Sumbekas : 25 unit

g. Desa Bamusbama : 58 unit

h. Desa Nekori : 125 unit

i. Desa Inambuari : 93 unit

j. Desa Atay : 45 unit

k. Desa Ajami : 50 unit

l. Desa Inam : 35 unit

"Kalau misalnya di daerah yang sangat sulit, sangat terpencil dan PLN belum ada program, tolong Pak Bupati dan Pak Gubernur sampaikan usulan ke saya, kirim surat ke saya untuk ditambah LTSHE," kata Jonan dalam sambutannya.

Tag : ignasius jonan
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top