Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

J&T Express Bangun Mesin Sortir Kapasitas Tinggi

Untuk terus meningkatkan layanan operasional yang lebih cepat, J&T Express membangun teknologi baru berupa mesin semi auto sortir guna mempercepat operasional distribusi paket.
Ilustrasi kegiatan kurir dan logistik/Reuters
Ilustrasi kegiatan kurir dan logistik/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Untuk terus meningkatkan layanan operasional yang lebih cepat, perusahaan jasa kurir J&T Express membangun teknologi baru berupa mesin semi autosortir guna mempercepat operasional distribusi paket.

Key Account Manager J&T Express Iwan Senjaya mengatakan pusat sortir (gateway) berlokasi di Rawa Bokor, Tangerang, Banten, dengan luas 1 hektare dan panjang total jalur konveyor 783 meter.

“Penanganan maksimum barang harian bisa mencapai 950.000 paket,” katanya di Jakarta Selasa (6/2/2018).

Iwan menambahkan penggunaan peralatan mesin ini termasuk otomasi tingkat tinggi dengan desain jalur sortir paling efektif, mengurangi operator, meningkatkan efisiensi kerja, dan mengurangi kerusakan paket.

Peralatan sistem utama dari saluran transmisi menggunakan konveyor belt yang terbagi dalam 10 line body control serta terbagi secara signifikan untuk setiap moda transportasi.

Jadi, pengiriman secara langsung dipisahkan untuk jalur paket luar pulau via udara, jalur paket internal Pulau Jawa, jalur paket area Jakarta Raya, dan jalur paket Bodetabek.

Iwan menjelaskan sejak mesin semi auto sortir resmi digunakan, hasilnya teruji di masa musim puncak Desember 2017 pengiriman barang tidak ada masalah dengan total paket yang berlipat ganda dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Ke depan, J&T Express berencana membangun mesin otomatis secara penuh yang juga direncanakan ada di Surabaya dan Bandung. “Pembangunan ini diproyeksikan selesai sekitar kuartal keempat,” jelasnya.

J&T telah terintergrasi dengan platform dan marketplace besar di indonesia seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper