Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peduli Badak Lewat Karya Seni

Badak Sumatra menjadi spesies yang paling terancam punah akibat perubahan fungsi hutan. Populasi yang ada saat ini diperkirakan kurang dari 100 ekor.
Badak Sumatra/Antara
Badak Sumatra/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Badak Sumatra menjadi spesies yang paling terancam punah akibat perubahan fungsi hutan. Populasi yang ada saat ini diperkirakan kurang dari 100 ekor.

Oleh karena itu, kondisi badak menjadi fokus pemerintah untuk meningkatkan populasi.

Direktur Jenderal Bidang Konservasi dan Sumberdaya Alam Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wiratno mengatakan berbagai sektor memiliki tugas untuk ikut ambil bagian dalam menyelamatkan kondisi tersebut. Begitu pula , dengan generasi muda.

"Penyelamatan badak perlu dilakukan sejak dini dari berbagai sektor, salah satunya melalui karya seni," katanya di Jakarta, Jumat (19/1/2018).

Dia mengatakan melalui karya seni dapat digambarkan dinamika yang terjadi pada lingkungan dan satwa. Harapannya hal tersebut dapat memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat.

"Diharapkan dapat membantu menumbuhkan kecintaan dan kepedulian kepada masyaraka atas satwa langka itu," jelasnya.

Sebagai bagian berkelanjutan untuk melibatkan generasi muda Indonesia, Tim Badak menggelar Pameran Seni Badak Sumatra: Harta Karun Tersembunyi Indonesia yang diselenggarakan pada tanggal 19-21 Januari 2018 di Perpustakaan Nasional.

Pameran melibatkan seniman muda Indonesia seperti Naela Ali, Diela Maharanie, The Popo, Mochtar Sarman, Reza Mustar, dan Citra Marina. Seniman dari Disney Imagineer juga ikut berkontribusi yakni Joe Rohde, Morgan Richardson, Zsolt Hormay, dan Paul Hilton.

Country Director, Wild Conservation Society Indonesia Program Noviar Andayani mengatakan penyelamatan satwa langka perlu dukungan seluruh masyarakat yang menjadi pemilik sekaligus pewaris harta karun negara tersebut.

"Kami harapkan generasi muda menjadi ujung tombak bagi masa depan. Kontribusi para seniman mewakili harapan generasi ini untuk masa depan yang lebih baik," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper