Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

EKONOMI KORSEL: Semikonduktor Dorong Ekspor ke Level Tertinggi

Ekspor semikonduktor mendorong kinerja ekspor Korea Selatan pada tahun 2017 berekspansi ke level tertinggi dalam setidaknya enam dekade.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 02 Januari 2018  |  06:09 WIB
Indeks Kospi - Bloomberg
Indeks Kospi - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Ekspor semikonduktor mendorong kinerja ekspor Korea Selatan pada tahun 2017 berekspansi ke level tertinggi dalam setidaknya enam dekade terakhir.

Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi Korsel melaporkan nilai ekspor negeri ginseng meningkat 15,8% menjadi US$574 miliar pada 2017 dibandingkan dengan setahun sebelumnya. Surplus perdagangan melebar menjadi US$96 miliar dari US$89 miliar pada tahun 2016.

Adapun pada Desember 2017, ekspor Korsel naik 8,9% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, lebih kecil daripada prediksi para ekonom untuk kenaikan sebesar 9,8%.

Impor pada Desember 2017 yang membukukan kenaikan 13% namun lebih baik daripada prediksi untuk kenaikan sebesar 12%. Dengan demikian, surplus perdagangan pada Desember mencapai US$5,8 miliar.

Sementara itu, nilai ekspor semikonduktor melonjak 57,4% menjadi US$98 miliar pada tahun 2017. Ekspor semikonduktor selanjutnya diperkirakan akan sedikit naik seiring dengan meningkatnya investasi pada IoT (Internet of Things) dan big data (data set) di tengah rendahnya pasokan.

“Volume perdagangan global diperkirakan akan terus meningkat pada 2018 seiring dengan pulihnya ekonomi global pulih dan meningkatnya permintaan IT (teknologi informasi),” jelas pihak kementerian dalam pernyataannya, seperti dikutip dari Bloomberg.

Di sisi lain, terdapat potensi sentimen negatif seperti penguatan proteksionisme perdagangan, apresiasi nilai tukar won, kenaikan suku bunga, dan kenaikan harga minyak.

Ekspor ke China naik 14,2% pada 2017 dibandingkan dengan setahun sebelumnya. Ekspor ke Jepang tumbuh 10,1%, sedangkan ekspor ke Vietnam melonjak 46,3%.

Sementara itu, ekspor ke Amerika Serikat (AS) naik 3,2% pada 2017. Surplus perdagangan dengan AS menyempit menjadi US$18 miliar dibandingkan dengan US$23,3 miliar setahun sebelumnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor Ekonomi Korsel
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top