Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Agen Properti Masih Hadapi Tantangan di 2018

Tahun depan diyakini akan menjadi tahun yang menyenangkan bagi agen properti, sebab kondisi pasar yang kurang menguntungkan di tiga tahun belakangan sudah usai, akan tetapi juga masih menyisakan tantangan tersendiri.
Foto aerial kawasan perumahan subsidi, di Citayam, Jawa Barat, Selasa (7/11)./JIBI-Nurul Hidayat
Foto aerial kawasan perumahan subsidi, di Citayam, Jawa Barat, Selasa (7/11)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA-- Tahun depan diyakini akan menjadi tahun yang menyenangkan bagi agen properti, sebab kondisi pasar yang kurang menguntungkan di tiga tahun belakangan sudah usai, akan tetapi juga masih menyisakan tantangan tersendiri.

Menurut Data Rumah.com, Georgius Dadank selaku Principle Wyndham Realty mengatakan, pasar properti 2018 khususnya di Jabodetabek sangat menjanjikakarena karena akan mulai reborn.

Setelah beberapa tahun lalu, situasinya mencapai titik terendah, sekarang harusnya sudah mulai naik. Ada banyak pengembang yang gencar meluncurkan proyeknya tahun depan, dan itu menjadi sebuah peluang besar.

Apalagi menurut Rumah.com Property Outlook 2018, kebijakan pemerintah dalam pembiayaan perumahan masih akan menjadi penentu pasar properti tahun depan. Harga dan suplai properti, terutama pada sektor residensial, diperkirakan meningkat pada 2018. Permintaan pasar akan tetap stabil, terutama pada pasar properti di bawah Rp1 miliar.

Memanfaatkan kondisi pasar yang bergerak positif, Dadank pun memberi ‘petuah’ kepada broker untuk lebih fokus pada pekerjaannya. Sebab profesi agen properti sebaiknya tidak dilakukan setengah-setengah agar memberi hasil yang besar dan menguntungkan.

Dadank menambahkan, tantangan selanjutnya yang harus siap dihadapi agen properti ke depannya adalah bersaing dalam memasarkan properti secara digital. “Jadi harus segera konversi cara-cara pemasaran yang tadinya konvensional menjadi yang berbasis teknologi,” katanya.

“Seperti misalnya mahir menjual listing lewat media sosial maupun portal properti. Tidak hanya itu, penting juga untuk agen menguasai satu wilayah tertentu dan menjadi agen properti spesialis. Termasuk harus mampu mendalami product knowledge-nya,” tukasnya Selasa (5/12).

Rumah.com pun akan menggelar Agent Summit 2017. Berlokasi di Soehanna Hall, The Energy Building SCBD Lot 11A, acara ini akan diadakan pada Kamis, 7 Desember 2017.

Di ajang tahunan ini, para agen properti akan disuguhkan beragam materi penting baik tentang analisa pasar properti tahun 2018 maupun strategi marketing yang ampuh.

Agent Summit 2017 akan dihadiri pembicara yang kompeten di bidangnya masing-masing, mulai dari Haryanto Kandani (Motivator dan Personal Coach), F. Rach Suherman, CPA, CRED (Penasehat Properti), Hartono Sarwono (Ketua Umum DPP Arebi), dan Tommy H. Bastami selaku VP Strategic Advisory dari Coldwell Banker Commercial Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper