Pelindo III Raup Laba Rp1,67 Triliun

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mencetak perolehan laba tahun berjalan sebanyak Rp1,67 triliun per Oktober 2017. Capaian ini ditunjang oleh kinerja operasional yang tumbuh positif
Rivki Maulana | 29 November 2017 18:09 WIB
Presiden Direktur Pelindo III Ari Askhara member kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Udayana di Bali, Sabtu (28/10/2017). - Bisnis.com / Ni Putu Eka Wiratmini

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mencetak perolehan laba tahun berjalan sebanyak Rp1,67 triliun per Oktober 2017. Capaian ini ditunjang oleh kinerja operasional yang tumbuh positif.

Direktur Utama Pelindo III, Ari Ashkara mengatakan Pelindo III meraup laba usaha sebanyak Rp2,5 triliun atau naik 29,6%. Pundi-pundi pendapatan dari jasa kepelabuhan meningkat 16%, ditopang pertumbuhan arus petikemas yang mencapai 4 juta TEUs atau naik 7%.

"Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menjadi kontributor terbesar dari layanan jasa bongkar muat peti kemas tersebut sebesar 72%. Pertumbuhan arus peti kemas yang dilayani oleh Pelindo III menunjukkan dampak positif perbaikan ekonomi nasional pada arus perdagangan,” jelasnya dalam siaran pers, Rabu (29/11/2017).

Menurut Ari, segmen jasa bongkar muat petikemas menyumbang sekitar 60% terhadap pendapatan bersih Pelindo III. Dalam periode Januari-Oktober 2017, realisasi bongkar muat petikemas mencapai 3,3 juta boks atau naik 6% dibandingkan periode yang sama sebelumnya sebesar 3,1 juta boks.

Direktur Keuangan Pelindo III, U. Saefudin Noer menambahkan, upaya-upaya yang telah dilakukan Pemerintah dalam menjaga kestabilan perekonomian sampai dengan awal Triwulan IV tahun 2017 telah berdampak positif bagi arus perdagangan moda transportasi laut. Oleh karena itu, prospek kinerja keuangan Pelindo III hingga akhir 2017 bakal tetap positif.

Saefudin optimistis perseroan bisa memenuhi target pendapatan dan laba usaha dengan menggenjot kinerja operasional. Selain itu, Pelindo III juga akan tetap konsisten menjaga efisiensi secara berkesinambungan. “Kami berharap dapat mencapai hasil optimal pada akhir tahun 2017 sesuai dengan yang ditargetkan oleh pemerintah,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelindo iii

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top