Modernisasi Sistem Tiket, ASDP Gandeng PT Inti

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menjalin nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) dalam pengembangan ticketing di wilayah kerja ASDP.
Rivki Maulana | 27 November 2017 13:58 WIB
Ilustrasi: Aktivitas bongkar muat kendaraan ke kapal feri yang dikelola PT ASDP di dermaga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (10/10). - Antara/Budi Candra Setya

Bisnis.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) meneken nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) dalam pengembangan ticketing di wilayah kerja ASDP.

MoU diteken Direktur Utama PT Inti Darman Mappangara dan Direktur Utama PT ASDP Faik Fahmi di kantor pusat ASDP, Senin (27/11/2017).

Kedua BUMN itu bakal bekerja sama di bidang industri telekomunikasi, elektronika, informatika, kelistrikan, dan energi. Kedua belah pihak juga sepakat menjalin kerja sama di bidang lain yang relevan.

Dalam kerja sama ini, PT Inti menyediakan perangkat M-POS untuk e-ticketing PT ASDP yang memiliki kelebihan dalam perangkat terintegrasi atau all-in-one embedded. Integrasi meliputi smartphone, mobile printer, e-KTP Reader, dan fingerprint.

ASDP dan PT Inti juga sepakat memanfaatkan layanan layanan INTIPay atau alat bantu pembayaran tunai dan nontunai yang terintegrasi dengan aplikasi pencatatan penjualan serta verifikasi kartu identitas elektronik sebagai media alternatif pembayaran dalam pembelian tiket feri.

Faik Fahmi menjelaskan kerja sama dengan PT Inti bakal semakin memudahkan pengguna jasa untuk membeli tiket feri.

“Kerja sama ini juga sebagai wujud komitmen kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa dengan memodernisasi transaksi pembelian," ujarnya melalui siaran pers pada Senin (27/11/2017).

Dia menuturkan integrasi layanan tiket akan lebih praktis dan manifest penumpang juga lebih akurat karena langsung terbaca dari data e-KTP. Adapun layanan INTIPay mendukung rencana ASSP dalam penerapan transaksi nontunai.

Darman menambahkan sinergi komprehensif ini rencananya berlaku selama setahun sejak MoU. “Harapannya, kerja sama ini berkelanjutan tidak hanya pada induk perusahaan, tapi juga pada anak usaha dan afiliasi,” tuturnya.

Tag : asdp
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top