Pelni Bakal Gencar Buka Gerai Pelni Mart di KTI

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni berencana menambah sejumlah gerai Pelni Mart di Kawasan Timur Indonesia pada tahun depan guna mendongkrak volume angkutan barang perseroan. Penambahan gerai juga dilakukan untuk mengoptimalkan aset perseroan di wilayah KTI.
Rivki Maulana | 21 November 2017 11:45 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni berencana menambah sejumlah gerai Pelni Mart di Kawasan Timur Indonesia pada tahun depan guna mendongkrak volume angkutan barang perseroan. Penambahan gerai juga dilakukan untuk mengoptimalkan aset perseroan di wilayah KTI.

Akhmad Sujadi, Manager PR & CSR Pelni mengatakan ekspansi di sektor toko ritel bakal diarahkan ke beberapa kota seperti Ternate, Bitung, dan kota-kota di Papua. Saat ini, Pelni juga sudah mengoperaikan gerai Pelni Mart di Manokwari, Sorong, Timika, dan Wamena.

"Kami akan optimalkan kantor dan rumah dinas [yang sudah ada untuk Pelni Mart]. Itu kantornya besar-besar, jadi sebagian area kantor bisa dibuat toko," ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (20/11/2016).

Menurut Sujadi, lokasi kantor cabang Pelni di daerah KTI terbilang strategis sehingga kegiatan komersial seperti toko ritel layak secara perhitungan bisnis. Gerai Pelni Mart ini bakal dikelola oleh anak usaha Pelni, PT Sarana Bandar Nasional (SBN).

Di bisnis gerai ritel, Pelni bakal berkolaborasi dengan mitra lokal dalam pengelolaan Pelni Mart. Sujadi mencontohkan di Wamena operasional gerai Tong Maju Mart dijalankan oleh PT. Abeka Papua Mandiri Sejahtera dan CV Ninurakur. Sementara itu, Pelni bakal bertindak sebagai penyedia layanan logistik dan membina sistem manajemen mitra lokal.

Sujadi mengungapkapkan, ekspansi gerai Pelni Mart di KTI diestimasi bakal meningkatkan volume pengiriman barang ke wilayah tersebut. Hal ini disebabkan, barang yang dijual di Pelni Mart sebagian besar didatangkan dari Pulau Jawa. Barang-barang kelontong itu dikirim melalui kapal penumpang maupun kapal tol laut. "Jadi selain optimalisasi aset, kami juga ingin meningkatkan volume angkutan [barang]," tukasnya.

Untuk diketahui, Pelni saat ini mendapat penugasan dari Kementerian Perhubungan untuk menjadi operator Tol Laut di tujuh trayek. Kehadiran Pelni Mart juga bakal dimanfaatkan untuk distribusi bahan pangan dan bahan bangunan yang diangkut melalui kapal Tol Laut dan ditampung di sentra logistik Rumah Kita.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelni

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top