Kapal Pesiar Bisa Rangsang Pariwisata Surabaya

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memproyeksi sektor pariwisata dan usaha kecil menengah (UKM) di Surabaya bakal mendapat dampak positif dari tren kunjungan kapal ke Surabaya North Quay, Tanjung Perak.
Rivki Maulana | 16 November 2017 17:54 WIB
Warga berfoto dengan latar belakang kapal pesiar MS Artania yang sandar di dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (1/4). - Antara/Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) memproyeksi sektor pariwisata dan usaha kecil menengah (UKM) di Surabaya bakal mendapat dampak positif dari tren kunjungan kapal ke Surabaya North Quay, Tanjung Perak.

Corporate Secretary Pelindo III, Faruq Hidayat mengatakan kunjungan kapal pesiar menjadi potensi bagi pelaku usaha di segmen UKM untuk memasarkan produknya di Surabaya North Quay. "Semakin besar, megah, dan mewah kapal pesiar yang singgah, maka jumlah turis mancanegara yang datang akan semakin banyak," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (16/11/2017).

Pekan ini, Surabaya North Quay kedatangan kapal pesiar Seabourn Encore dengan membawa 450 penumpang. Sebanyak 120 penumpang Seabourn Encore turun dari kapal dan menikmati sejumlah paket wisata yang ditawarkan.

Faruq mengatakan, Surabaya terbilang siap dalam menyerap peluang ekonomi dari kunjungan kapal pesiar. Dia menggambarkan, banyak paket wisata yang ditawarkan ke turis, mulai dari Surabaya Discovery Tour, Mangrove Sea Side of Surabaya, dan Trowulan Tour.

Sementara para turis yang tidak menggunakan jasa biro wisata memilih untuk tetap berada di kapal atau menikmati fasilitas di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara. Di terminal penumpang ini terdapat area komersial mulai dari gerai UKM hingga pusat jajanan yang fasilitasnya setaraf dengan pusat perbelanjaan modern.

Pelindo III mencatat, selain Seabourn Encore, Surabaya North Quay juga beberapa kali disingaapi kapal pesiar seperti MV. Volendam, MV. Artania, dan MS. Silver Shadow. Di Desember 2017 mendatang, MS. Genting Dreams dengan kapasitas 5000 pax juga bakal singgah di Surabaya.

 

Tag : pelindo iii
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top