Sinergi BUMN, Pelindo III Sewa 4 RTG dari Barata

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) meneken kerja sama sewa alat bongkar muat dengan PT Barata Indonesia (Persero).
Rivki Maulana | 15 November 2017 19:34 WIB
Presiden Direktur Pelindo III Ari Askhara member kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Udayana di Bali, Sabtu (28/10/2017). - Bisnis.com / Ni Putu Eka Wiratmini

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) meneken kerja sama sewa alat bongkar muat dengan PT Barata Indonesia (Persero). 

Direktur Utama Pelindo III, Ari Ashkara mengatakan perseroan akan menyewa empat alat bongkar muat rubber tyred gantry crane (RTG) yang akan diproduksi Barata Indonesia. Dia menambahkan, empat unit RTG yang nantinya akan ditempatkan di sejumlah pelabuhan, antara lain Semarang dan Banjarmasin.

"Kami sewa dulu dan nanti ada opsi untuk beli, yang jelas standard RTG-nya paling tinggi," ujarnya kepada Bisnis.com selepas acara penandatanganan kerja sama di Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Dia menambahkan, selama ini Pelindo III membeli alat bongkar muat dari luar negeri. Padahal, perusahaan di dalam negeri juga memiliki kompetensi yang handal dalam memproduksi alat berat, termasuk alat bongkar muat. Untuk diketahui, Barata Indonesia merupakan BUMN yang bergerak di bisnis engineering procurement & construction (EPC), manufaktur, dan peralatan industri.

Ari mengatakan, nilai kerja sama dengan Barata cukup besar. Sebagai gambaran, satu unit RTG di pasaran dibanderol US$2,7 juta. Dengan opsi membeli empat unit RTG yang diproduksi Barata, Pelindo III bisa merogoh kocek hingga US$10,8 juta atau sekitar Rp146 miliar.

Selain dengan Barata Indonesia, Pelindo III hari ini juga menjalin kerja sama dengan enam BUMN lainnya di berbagai lini usaha, mulai dari sewa kapal tunda, bisnis angkutan gas, properti, hingga pengelolaan rumah sakit.

Tag : pelindo iii
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top